Thursday, 6 May 2021

Berita

Berita Utama

UPT BP2MI Padang Berikan Sosialisasi Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri di Kabupaten Agam

-

00.03 19 March 2021 262

UPT BP2MI Padang Berikan Sosialisasi Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri di Kabupaten Agam

Padang, BP2MI (19/3) - Kepala Unit Pelaksana Teknis Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (UPT BP2MI) Padang, Joko Purwanto, memberikan Sosialisasi Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri di Aula Bappeda, Kabupaten Agam Kamis (18/3/2021).

UPT BP2MI Padang diundang sebagai narasumber untuk menyampaikan informasi bekerja ke luar negeri secara aman dan prosedural kepada 135 orang peserta yang terdiri dari wali nagari se-kabupaten Agam, Kepala Sekolah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-kabupaten Agam, tokoh masyarakat, serta tokoh pemuda. Untuk  tetap menjaga protokol kesehatan, peserta sosiaisasi dibagi 2 (dua) yaitu yang langsung hadir di ruangan sebanyak 60 (enam puluh) orang dan yang mengikuti secara virtual sebanyak 75 (tujuh puluh lima) orang.

Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri yang hadir membuka acara, menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap program BP2MI yakni G to G Jepang dan Korea dan siap mendorong masyarakat khususnya pencari kerja yang berminat mengikuti program tersebut dengan menyiapkan kompetensi yang dibutuhkan. 

“Tentunya ini merupakan program yang sangat bagus sekali bagi pencari kerja yang berminat bekerja ke luar negeri, dimana program ini bisa mengurangi pengangguran di Kabupaten Agam, serta menambah devisa negara sehingga akhirnya akan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat. Pemerintah Agam juga akan menyiapkan pelatihan khususnya pelatihan bahasa bagi CPMI yang akan bekerja ke luar negeri," ungkap Irwan.

Sementara itu Joko Purwanto yang hadir sebagai narasumber, tidak hanya menyampaikan informasi prosedur bekerja ke luar negeri secara aman dan legal, namun juga informasi peluang kerja yang tersedia bagi pencari kerja. 

“Pada akhir tahun 2020, sebanyak 3 (orang) warga kabupaten Agam telah berangkat ke Jepang melalui program G to G Nurse dan Careworker. Ketiga orang tersebut merupakan peserta batch XIII yang mendaftar pada tahun 2019. Bagi yang berminat mengikuti jejak mereka, bisa mendaftar karena saat ini sedang dibuka pendaftaran untuk program G to G Jepang batch XV," jelas Joko. 

Para peserta khususnya wali nagari sangat antusias terhadap informasi yang disampaikan karena dapat membuka cakrawala berfikir bagi masyarakat yang selama ini belum mendapatkan informasi mengenai hal tersebut.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan Kabupaten Agam, Widyastuti serta Kabid Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat, Wilson. *** (Humas/UPT BP2MI Padang/dm)