Saturday, 6 March 2021

Berita

Berita Utama

UPT BP2MI Padang Laksanakan Roadshow Sosialisasi Peluang Kerja Luar Negeri di 3 Kecamatan di Pesisisr Selatan

-

00.02 10 February 2021 311

UPT BP2MI Padang Laksanakan Roadshow Sosialisasi Peluang Kerja Luar Negeri di 3 Kecamatan di Pesisisr Selatan.

Padang, BP2MI (10/02) - Untuk meningkatkan sinergitas dengan pemerintah daerah, UPT BP2MI Padang melaksanakan Roadshow Sosialisasi Peluang Kerja Luar Negeri di 3 (tiga) kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan, pada Senin dan Selasa, 8-9 Februari 2021. Tiga Kecamatan tersebut merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Bengkulu, yakni Kecamatan Lunang, Silaut, dan Kecamatan Sutera. 

Kegiatan yang bertajuk FGD Sosialisasi Peluang Kerja Luar Negeri dan Pencegahan PMI Non Prosedural tersebut dihadiri sebanyak 50 orang di setiap kecamatan yang terdiri dari perangkat nagari, tokoh masyarakat, Kerapatan Adat Nagari, Persatuan Perawat Nasional Indonesia Kabupaten Pesisir Selatan, mahasiswa, dan alumni SMK di Kabupaten Pesisir Selatan. Hadirnya UPT BP2MI Padang didasari oleh banyaknya warga Pesisir Selatan khususnya asal Kecamatan Sutera yang dipulangkan dari Malaysia bulan Maret hingga Desember 2020 dan berdasarkan hasil pendataan, mayoritas berangkat secara nonprosedural. 

Kepala UPT BP2MI Padang, Joko Purwanto menyampaikan bahwa selain untuk memberikan informasi terkait peluang kerja luar negeri, kegiatan tersebut merupakan bentuk dari sinergitas antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk meningkatkan sumber daya nagari khususnya peningkatan kompetensi untuk bekerja di luar negeri. 

“Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017, bahwa saat ini tugas dan tanggung jawab pelindungan Pekerja Migran Indonesia ke luar negeri bukan hanya tanggung jawab pemerintah pusat saja, namun juga pemerintah daerah kabupaten kota dan pemerintah desa baik dalam hal penyediaan informasi peluang kerja luar negeri, penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan, maupun pengawasan dan pemantauan PMI yang berangkat ke luar negeri," ungkap Joko.

Lebih lanjut Joko mengharapkan, agar setiap wali nagari dapat melakukan pemetaan terhadap warganya yang telah menyelesaikan pendidikan menengah maupun tinggi, mendata jumlah peminat kerja luar negeri kemudian mengarahkan untuk peningkatan kompetensi yang diperlukan untuk bekerja ke luar negeri dengan dana nagari.
 
Sementara itu, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Mimi Riarty Zainul, menyampaikan apresiasi kepada Camat Lunang, Silaut, dan Sutera atas terselenggaranya kegiatan yang baru pertama kali diadakan tersebut dan menyatakan siap mendukung seluruh kegiatan yang berguna untuk nagari sesuai dengan peraturan menteri perdesaan untuk peningkatan sumber daya dan mendorong ekonomi berkelanjutan.

Selaras dengan hal tersebut, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat, Nasrizal mengharapkan agar masyarakat khususnya pencari kerja dapat memanfaatkan peluang kerja luar negeri yang tersedia mengingat cukup tingginya angka pengangguran di Sumatera Barat saat ini dan mengharapkan peran aktif setiap wali nagari dalam peningkatan kompetensi warganya  yang berminat bekerja ke luar negeri.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pesisir Selatan, serta Kasi Pemberdayaan Balai Latihan Kerja Padang.*** (Humas/bp3tkipadang/dm)