Thursday, 6 May 2021

Berita

Berita Utama

UPT BP2MI Padang Sosialisasikan Pelindungan PMI di SMK Perikanan Pariaman

-

00.04 23 April 2021 146

UPT BP2MI Padang Sosialisasikan Pelindungan PMI di SMK Perikanan Pariaman

Padang, BP2MI (23/4) – Unit Pelaksana Teknis Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (UPT BP2MI) Padang mensosialisasikan pelindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) kepada siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Kota Pariaman, Kamis (22/4/2021). Sosialisasi diberikan kepada ratusan siswa/i kelas XII yang beberapa di antaranya telah mengikuti seleksi untuk magang di Jepang.

SMKN 3 Pariaman merupakan salah satu SMK bidang perikanan dengan 6 (enam) jurusan dan telah mengirimkan alumninya untuk magang di Jepang. Beberapa di antaranya bahkan melanjutkan bekerja di sana setelah proses magang selesai.

“Sejak 2006, kami telah bekerjasama dengan perusahaan Jepang dalam penempatan alumni SMKN 3 Pariaman untuk melaksanakan magang. Penempatan magang sendiri dilaksanakan melalui LPK yang ditunjuk oleh perusahaan Jepang tersebut," ucap Kepala Sekolah SMKN 3 Pariaman, Rafuddin. 

Sementara itu Kepala UPT BP2MI Padang, Joko Purwanto selain menyampaikan pelindungan PMI di luar negeri, juga menyampaikan informasi peluang kerja luar negeri kepada peserta.

“Selain magang, lulusan SMK juga bisa bekerja langsung di luar negeri melalui berbagai skema, yaitu G to G Korea, P to P, atau mandiri, salah satunya melalui program SSW. Lulusan SMK bisa mengisi program SSW pada sektor perikanan dan aquaculture. Namun, hal yang paling penting adalah berangkat secara prosedural dan terdaftar di SISKOP2MI agar PMI terlindungi oleh negara," ungkap Joko. 

Kegiatan sosialisasi ini diakhiri dengan testimoni dan share pengalaman serta tips lulus seleksi oleh salah satu alumni yang telah menyelesaikan proses magang dan akan melanjutkan bekerja di Jepang, Feri Irawan. 

“Hal yang penting adalah mengikuti semua proses dengan sungguh-sungguh serta menjaga tingkah laku saat seleksi karena Jepang sangat memperhatikan bagaimana sikap kita," cerita Feri.

Menutup kegiatan, Joko berpesan kepada peserta yang berminat bekerja ke luar negeri agar mencari informasi yang benar tentang prosedur bekerja ke luar negeri dengan cara menghubungi UPT BP2MI Padang atau dinas tenaga kerja setempat. *** (Humas/UPT BP2MI Padang/dm)