Thursday, 24 June 2021

Berita

Berita Utama

UPT BP2MI Palu Fasilitasi Pemulangan 1 Orang PMI Terkendala ke Dasal

-

00.06 7 June 2021 130

UPT BP2MI Palu Fasilitasi Pemulangan 1 Orang PMI Terkendala ke Dasal

Palu, BP2MI (7/6) – UPT BP2MI Palu kembali memfasilitasi kepulangan 1 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) terkendala ke daerah asal (dasal). PMI atas nama Anizar dipulangkan dari Negara Uni Emirat Arab (UEA), dari hasil pendataan diketahui Anizar berangkat secara nonprosedural. 

Kepulangan Anizar dari Jakarta ke Palu difasilitasi oleh UPT BP2MI Serang, Anizar tiba di Bandara Mutiara SIS Al-Jufri, Minggu (6/6/2021) pukul 07.00 WITA menggunakan pesawat Batik Air. 

Turut hadir dalam penjemputan PMI tersebut Tim Satgas Pencegahan PMI Nonprosedural Sulawesi Tengah yakni Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Tengah, Arnold Firdaus selaku Ketua Tim Satgas dan AVSEC Bandara Mutiara SIS Al-Jufri, Nirwana. 

Sementara itu Ahmad Fauzi, Kepala UPT BP2MI Palu memberikan apresiasi kepada Tim Satgas Pencegahan PMI Nonprosedural Sulawesi Tengah yang selalu siap dan sigap dalam memfasilitasi pemulangan PMI ke daerah asal untuk bertemu dengan pihak keluarga.

“Koordinasi kerjasama dan Sinergitas yang sudah terbangun dengan baik antarinstansi terkait merupakan salah satu wujud implementasi UU Nomor 18 Tahun 2017 dalam memberikan pelindungan bagi PMI baik sebelum bekerja, selama bekerja dan sesudah bekerja,” ujar Fauzi.

Tim Perlindungan UPT BP2MI Palu melakukan pendataan di Help Desk Kepulangan PMI yang ada di Bandara Mutiara SIS Al-Jufri kemudian mengantarkan PMI tersebut kepada pihak keluarga untuk dilakukan serah terima. *** (Humas/UPT BP2MI Palu/Merli)