Sunday, 24 January 2021

Berita

Berita Utama

UPT BP2MI Pontianak Berikan Pelatihan Sukses Job Matching pada CPMI G to G Jepang Batch XIV

-

00.12 21 December 2020 439

UPT BP2MI Pontianak Berikan Pelatihan Sukses Job Matching pada CPMI G to G Jepang Batch XIV

Pontianak,  BP2MI (21/12) - UPT BP2MI Pontianak kembali berinovasi dalam memberikan pelayanan terhadap Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI). Kali ini UPT BP2MI Pontianak bersama HJS Kota Pontianak memberikan pelatihan tips dan trik sukses job matching Program G to G Jepang di Kantor HJS Pontianak, Jalan M. Sohor No 47 B Kota Pontianak, Senin (21/12).

Pelatihan ini merupakan rangkaian kerja sama yang telah terjalin dengan baik antara UPT BP2MI Pontianak dan HJS Kota Pontianak. Sejak awal tahun 2020, HJS Kota Pontianak memberikan pelatihan Bahasa Jepang dengan biaya murah kepada lulusan keperawatan di Kalimantan Barat yang akan mengikuti program G to G Jepang Tahun 2020.

“Sinergitas yang terbangun selama ini harus kita jaga dan kita tingkatkan agar pelayanan yang kita berikan ke CPMI berjalan maksimal. Dalam penyiapan kompetensi bahasa asing, kami bersama Pusat IPTEK dan Bahasa Kota Pontianak sedang melatih Bahasa Korea kepada CPMI G to G Korea dan Kami bersama HJS Pontianak melatih Bahasa Jepang kepada CPMI G to G Jepang,” ujar Kepala UPT BP2MI Pontianak, Erwin Rachmat, dalam keterangan tertulisnya pada Senin (21/12).

Sebanyak lima CPMI yang mengikuti pelatihan sukses job matching ini merupakan putra-putri Kalimantan Barat yang telah lulus MCU tahap I pada minggu lalu. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan mereka bisa lulus job matching dan dapat lulus Program G to G Jepang Batch XIV.

Ini semua dilakukan sesuai dengan misi UPT BP2MI Pontianak untuk meningkatkan kualitas penempatan CPMI di Kalimantan Barat. Sosialisasi Program G to G dan penyiapan kompetensi CPMI terus dilakukan oleh UPT BP2MI Pontianak.

“Kami ingin mengubah mindset warga Kalimantan Barat bahwa bekerja ke luar negeri itu bukan hanya ke Sarawak namun juga ada Korea dan Jepang. Dari segi penghasilan, sangat tinggi bekerja di Korea dan Jepang, belum lagi ilmu pengetahuan yang didapat,” tutur Erwin.

Dalam upaya meningkatkan kualitas penempatan CPMI di Kalimantan Barat tahun 2020, telah dilaksanakan penyuluhan jabatan secara virtual kepada para alumni Poltekkes Kemenkes Pontianak. Harapannya mereka dapat mengikuti program G to G Jepang di tahun 2021. Untuk mempersiapkan Seleksi Program G to G Jepang, UPT BP2MI Pontianak bersama HJS Kota Pontianak kembali akan mengadakan pelatihan Bahasa Jepang di Tahun 2021.

“Kami sudah menginformasikan pelatihan ini kepada para jejaring kami di lembaga pendidikan sektor kesehatan. Di awal Januari nanti kita juga berencana mengadakan penyuluhan jabatan virtual sektor G to G Jepang kepada para alumni keperawatan,” tutup Erwin. (Humas/UPT BP2MI Pontianak/anggaA)