Wednesday, 27 October 2021

Berita

Berita Utama

UPT BP2MI Provinsi DKI Jakarta Jalin Kerja Sama dan Koordinasi Terkait Kepulangan 112 PMI ABK

-

00.08 20 August 2021 386

UPT BP2MI Provinsi DKI Jakarta Jalin Kerja Sama dan Koordinasi Terkait Kepulangan 112 PMI ABK

Jakarta, BP2MI (20/8) - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan UPT BP2MI Serang melaksanakan koordinasi dengan Komandan Satuan Tugas dan Kepala Kesehatan Wisma Atlet terkait rencana kedatangan 112 Pekerja Migran Indonesia (PMI) Anak Buah Kapal (ABK) dari negara penempatan Taiwan di Wisma Atlet Pademangan, Jakarta.

Rencananya, ke-112 PMI ABK ini akan tiba di tanah air melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Sabtu (21/8/2021) pukul 03.00 WIB. Kepala BP2MI, Benny Rhamdani dijadwalkan akan hadir meninjau dan melihat seluruh rangkaian penanganan kepulangan PMI tersebut dari proses awal hingga tes swab PCR.  Nantinya ke-112 PMI ABK akan ditampung di Tower 9 lantai 24 Wisma Atlet Pademangan.

Sebagai informasi, biasanya PMI yang datang ke Wisma Atlet Pademangan akan dilakukan pengecekan swab PCR Lalu dilakukan karantina selama 8 hari di Wisma Atlet Pademangan di Tower 9 dan 10. Selama dilakukan karantina, PMI dapat melakukan tes swab gratis di lantai 3 Tower 9 secara mandiri dan tidak dipungut biaya.

Pada hari ke-7, PMI akan di tes swab PCR ulang dan jika hasilnya negatif akan diperbolehkan pulang dan mendapatkan clearance atau surat izin yang dapat dipakai sebagai surat izin untuk keluar dari Wisma Atlet. Adapun jika PMI tidak memiliki biaya, sakit, atau mendapati kendala dapat mendatangi pos pelayanan BP2MI di Tower 9 dan 10.

Kepala UPT BP2MI Provinsi DKI Jakarta, Kombes Pol. Hotma Viktor Sihombing, menjelaskan bahwa UPT BP2MI Provinsi DKI Jakarta terbuka dan selalu bekerja sama dengan instansi lain guna memberikan pelayanan terbaik bagi PMI.

"UPT BP2MI Provinsi DKI Jakarta berupaya menjalin kerjasama dengan berbagai pihak tentunya demi memberikan pelayanan terbaik bagi para PMI. Kami juga berusaha mendukung semangat Kepala BP2MI untuk meninjau langsung pemulangan para pahlawan devisa ini," jelasnya. * (Humas/UPT BP2MI Jakarta)