Wednesday, 27 October 2021

Berita

Berita Utama

UPT BP2MI Serang Fasilitasi Pertemuan antara KKPMI dengan BNI

-

00.08 16 August 2021 416

UPT BP2MI Serang Fasilitasi Pertemuan antara KKPMI dengan BNI

Serang, BP2MI (16/8) - Komunitas Keluarga Pekerja Migran Indonesia (KKPMI) yang merupakan garda depan dalam pelayanan terhadap pekerja migran di wilayah-wilayah kantong Pekerja Migran Indonesia (PMI) mendapatkan kesempatan untuk membantu peningkatan perekonomian PMI Purna di daerah.

Kesempatan ini dalam bentuk penawaran untuk menjadi Agen BNI 46, sebuah layanan perbankan dan/atau layanan keuangan lainnya yang tidak dilakukan melalui jaringan kantor melainkan melalui kerja sama dengan pihak lain yang didukung dengan penggunaan sarana teknologi dalam rangka inklusi keuangan (branchless banking). Dua KKPMI di Kabupaten Serang, yaitu KKPMI Domas dan Lontar, yang pertama kali mendapatkan momen istimewa tersebut. Keduanya hadir dalam sosialisasi yang dilakukan oleh BNI dan difasilitasi oleh UPT BP2MI Serang pada Senin (16/8/2021).

Kepala UPT BP2MI Serang, Joko Purwanto menyampaikan bahwa harapan dari kegiatan ini ke depannya semakin meningkatkan kesejahteraan PMI di tempat tinggalnya.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini, PMI Purna yang berada di wilayah Domas dan Lontar bisa menemukan cara untuk meningkatkan pendapatan, akses perbankan tanpa harus datang ke bank. Cukup datang ke agen yang ada di wilayah tempat tinggal mereka, dan yang lebih penting tidak perlu lagi untuk berangkat bekerja ke luar negeri, apalagi melalui cara-cara yang nonprosedural," ujarnya.

Sementara itu Assistant Branchless Banking BNI, Indra, menyebutkan terdapat beberapa fitur atau fasilitas dalam Agen BNI 46 yang bisa dilakukan oleh calon nasabah, di antaranya layanan keuangan digital seperti setor dan tarik tunai, pembukaan rekening, kredit mikro, asuransi mikro, pembayaran, pembelian pulsa, dan sebagainya. Kriteria untuk menjadi agen pun sangat mudah, yaitu dikenali oleh penduduk sekitarnya, memiliki usaha yang sudah berjalan selama 2 tahun, mampu mengelola keuangan, mampu memasarkan produk, dan melengkapi persyaratan dokumen seperti fotokopi KTP, NPWP, surat keterangan usaha dari RT/RW, fotokopi buku tabungan, dan pas foto 3 x 4 cm.

“Bisa dibayangkan ketika nanti menjadi bagian dari Agen BNI 46, rekan-rekan KKPMI bisa membuka lapangan pekerjaan baru, mempermudah akses perbankan di pedesaan, dan membantu perekenomian desa," ujar Indra.

Acara ini mendapatkan apresiasi dari perwakilan KKPMI Domas dan Lontar, salah satunya Junali, Perangkat Desa Lontar. “Saya sangat puas dengan adanya acara seperti ini. Ini adalah bukti kehadiran UPT BP2MI Serang yang selalu membantu kerja-kerja kami dalam pelayanan terhadap PMI Purna di Desa Lontar," ujarnya.

Acara ditutup dengan kegiatan pendampingan untuk pendaftaran Kartu Prakerja dimana nantinya para CO (Community Organizer) ini akan mendampingi PMI Purna dalam melakukan registrasi pada situs prakerja.go.id. * (Humas/UPT BP2MI Serang/Bud_Nurcah)