Wednesday, 27 October 2021

Berita

Berita Utama

UPT BP2MI Serang Resmikan Rumah Baca Anak Pekerja Migran di Pasilian

-

00.09 17 September 2021 195

UPT BP2MI Serang Resmikan Rumah Baca Anak Pekerja Migran di Pasilian

Serang, BP2MI (17/9) - Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Serang, Joko Purwanto, kembali meresmikan Rumah Baca Anak Pekerja Migran (Rubajami) di Desa Pasilian, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang pada Jumat (17/9/2021).

Acara ini dibuka secara resmi oleh Founder InfoTerbit Grup, Ananta, dan dilanjutkan oleh sambutan dari beberapa tamu undangan, salah satunya UPT BP2MI Serang. Rubajami ini merupakan program "Peduli Pekerja Migran" yang diinisiasi oleh media daring InfoTerbit.com dengan menggandeng Forum Perlindungan Migran Indonesia (FPMI) Kabupaten Tangerang.

Dalam sambutannya, Ananta menyampaikan bahwa Rubajami di Desa Pasilian ini adalah rumah baca ketiga yang telah didirikan untuk para anak Pekerja Migran Indonesia (PMI). Sebelumnya, Rubajami yang telah diluncurkan yaitu di Kecamatan Mekar Baru, Kabupaten Tangerang dan Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang. “Di Rubajami ini kami tidak hanya menyediakan buku-buku bacaan, tetapi juga melatih keterampilan serta membantu pendampingan pelajaran sekolah bagi anak PMI,” ujar Ananta.

Sementara itu, dalam sambutannya saat membuka Rubajami, Kepala UPT BP2MI Serang, Joko Purwanto berterima kasih atas kepedulian dari media daring InfoTerbit Grup dan FPMI yang selama ini selalu konsisten melakukan pendampingan bagi PMI dan keluarganya. “Kami selaku instansi pemerintah sangat mendukung adanya program ini dan kami berharap ke depannya akan semakin banyak instansi atau perusahaan yang melakukan aksi sosial seperti ini. Kami juga berharap dengan adanya program ini kualitas anak-anak PMI dapat meningkat dan dapat mendidik anak-anak PMI menjadi pribadi yang berkarakter dan berwawasan luas,” pungkas Joko.

Sub-Koordinator Kelembagaan dan Pemasyarakatan Program UPT BP2MI Serang, Berliandy Haryono, juga menambahkan bahwa UPT BP2MI Serang sangat mengapresiasi inisiatif dan ide kreatif InfoTerbit Grup dan FPMI dalam membuka rumah baca untuk anak PMI. “Saya harap Rubajami dapat membantu mendidik serta mengembangkan keterampilan yang dimiliki oleh anak-anak PMI,” kata Berliandy.

Peresmian Rubajami ini juga dihadiri oleh Iis Kurniati selaku Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang, Tibi selaku Camat Kronjo, Dulatip selaku Kepala Desa Pasilian, Kepala Desa Blukbuk, Marnan Sarbini selaku Ketua FPMI, Almuadam selaku pengurus Taman Baca Masyarakat (TBM) Omah Ilmu, dan Damin selaku Wakil Pimpinan Redaksi Nuansa Nusantara. * (Humas/UPT BP2MI Serang/NAA)