Wednesday, 27 October 2021

Berita

Berita Utama

UPT BP2MI Serang Sosialisasikan Peluang Kerja Luar Negeri Pada Virtual Job Fair Kota Tangerang 2021

-

00.08 25 August 2021 384

UPT BP2MI Serang Sosialisasikan Peluang Kerja Luar Negeri Pada Virtual Job Fair Kota Tangerang 2021

BP2MI, Serang (25/8) - Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Provinsi Banten kembali menyelenggarakan kegiatan job fair secara virtual pada Rabu (25/8/2021). Ada 38 perusahaan dalam negeri, termasuk salah satunya UPT BP2MI Serang yang berpartisipasi secara virtual dalam kegiatan job fair ini dengan total lowongan kerja tersedia sebanyak 6.960 yang terbagi dalam lowongan dalam negeri sebanyak 2.230 dan lowongan luar negeri sebanyak 4.730. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin, dan dilanjutkan oleh paparan informasi lowongan kerja oleh masing-masing perusahaan secara virtual.

Job fair ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Tangerang dalam rangka mengurangi tingkat pengangguran dan menjembatani para pencari kerja dalam mencari pekerjaan. Para pencari kerja atau masyarakat baik dari dalam maupun luar Kota Tangerang dapat mengikuti kegiatan virtual job fair ini melalui akun YouTube resmi Kota Tangerang untuk melihat informasi lowongan kerja yang sedang dibutuhkan saat ini. Jika pencari kerja tertarik dengan lowongan kerja yang ditawarkan, mereka dapat melakukan proses pendaftaran melalui aplikasi Tangerang LIVE yang dapat diunduh di Google Play secara gratis. Proses pendaftaran ini berlangsung mulai tanggal 25 Agustus hingga 20 September 2021.

Pada pembukaan job fair tersebut, Kepala UPT BP2MI Serang, Joko Purwanto, mengatakan bahwa peluang kerja tidak hanya ada di dalam negeri namun di luar negeri. Namun, untuk bekerja ke luar negeri harus melalui pemberangkatan secara legal agar pekerja dapat terlindungi selama bekerja. Salah satu skema penempatan secara resmi yaitu melalui program Government to Government (G to G) Korea dan Jepang, serta Specified Skilled Worker (SSW) Jepang.

Dalam paparannya, Joko juga menyebutkan bahwa program G to G Korea merupakan salah satu bentuk kerja sama antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Korea Selatan dalam hal penempatan Pekerja Migran Indonesia. Dalam program ini ada 2 sektor yang ditawarkan yaitu sektor manufaktur dan sektor perikanan. “Program G to G Korea merupakan program yang banyak diminati oleh para pencari kerja luar negeri karena jumlah kuota lowongan kerja yang tersedia cukup banyak serta keuntungan yang ditawarkan cukup menarik, meliputi gaji pokok per bulan yang tinggi yaitu sekitar Rp 24 juta, uang lembur, makan siang, asrama atau tempat tinggal, uang pesangon, dan sebagainya,” ujar Joko.

Lebih lanjut, Joko juga menjelaskan kepada para pencari kerja tentang program G to G Jepang dan SSW Jepang yang tidak kalah diminati oleh para pencari kerja luar negeri karena jabatan pekerjaan dan keuntungan yang ditawarkan juga sangat menarik. Di akhir paparan, Joko juga mengatakan bahwa bagi pencari kerja yang tertarik dan ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai program penempatan G to G Korea, G to G Jepang, serta SSW Jepang bisa membuka situs resmi BP2MI di bp2mi.go.id atau kunjungi kantor UPT BP2MI Serang yang berlokasi di Jalan Ciwaru Raya No. 2, Kota Serang atau kantor P4TKI di Jalan Benteng Betawi, Kota Tangerang. * (Humas/UPT BP2MI Serang/NAA)