Thursday, 24 September 2020

Berita

Berita Utama

UPT BP2MI Surabaya Telah Memfasilitasi Pemulangan 100 Jenazah Asal Madura

-

00.08 10 August 2020 455

UPT BP2MI Surabaya Telah Memfasilitasi Pemulangan 100 Jenazah Asal Madura

Surabaya, BP2MI (10/08) - Unit Pelaksana Teknis Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (UPT BP2MI) Surabaya telah memfasilitasi 100 jenazah Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang berasal dari Pulau Madura yang mayoritas berasal dari kabupaten Sampang sebanyak 41 jenazah, kedua Kabupaten Pamekasan sebanyak 28 jenazah, dilanjutkan Kabupaten Bangkalan sebanyak 20 Jenazah dan yang terakhir Kabupaten Sumenep sebanyak 11 Jenazah.

Kepala UPT BP2MI Surabaya, Happy Mei Ardeni menyampaikan, pihaknya sampai bulan Agustus 2020 ini telah memulangkan 100 jenazah asal Madura melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta dan Bandara Internasional Juanda.

Happy juga menyampaikan, bahwa UPT BP2MI Surabaya, UPT BP2MI Pamekasan, UPT BP2MI Serang serta Dinas Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Sampang saling berkordinasi terkait pemulangan jenazah dan memastikan pelayanan kami sampai ke daerah asal.

"Selain memfasilitasi pemulangan jenazah, kami juga memfasilitasi pemulangan PMI sakit maupun deportasi. Saya mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Sampang melalui Diskumnaker Sampang yang selalu tanggap terhadap warganya yang bekerja di luar negeri," ungkapnya pada Senin (10/8/2020).


Berdasarkan data kepulangan, Jawa Timur merupakan salah satu Provinsi dengan jumlah pemulangan Pekerja Migran Indonesia yang cukup tinggi dan didominasi PMI nonprosedural.

“Kita sampaikan terus kepada masyarakat agar bekerja ke luar negeri secara resmi dan prosedural untuk meminimalisir resiko saat bekerja, seperti kekerasan kerja, deportasi, gaji yang tidak dibayarkan serta masalah lainnya,” ucap Happy.** (Humas/UPT BP2MI Surabaya/EW)