Thursday, 7 July 2022

Berita

Berita Utama

UPT BP2MI Wilayah DKI Jakarta Hadiri Rapat Nota Kesepahaman Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik Bersama KEMENPAN RB

-

00.05 19 May 2022 215

Rapat Nota Kesepemahaman dengan KEMENPAN RB

Jakarta, BP2MI (19/5) – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Pelindungan Pekerja Migran (BP2MI) Wilayah DKI Jakarta mengikuti rapat persiapan Penandatanganan Nota Kesepahaman Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik yang diadakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, di Hotel Intercontinental Pondok Indah, Jakarta, pada Kamis (19/5/2022).

Nota Kesepahaman ini merupakan tindak lanjut dari terobosan UPT BP2MI Wilayah DKI Jakarta dalam membuka pelayanan penempatan dan pelindungan bagi Pekerja Migran Indonesia di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Kegiatan dibuka oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Prof. Dr. Diah Natalisa. Dijelaskan bahwa tujuan dari Nota Kesepahaman ini adalah sebagai landasan kerja sama serta memudahkan koordinasi terkait penyelenggaraan pelayanan pada Mal Pelayanan Publik. 

Kepala UPT BP2MI DKI Jakarta, Kombes Pol. Hotma Victor Shihombing, menjelaskan bahwa UPT BP2MI Wilayah DKI Jakarta berupaya turut serta dalam program inovasi-inovasi khususnya untuk kepentingan publik seperti Pekerja Migran Indonesia. 

“Kami pada dasarnya mendukung penuh upaya inovasi, seperti terobosan pelayanan bagi PMI di Mal Pelayanan Publik. Untuk itu kami siap kawal sampai nota kesepahaman tercapai guna mempermudah pelayanan bagi PMI kita," jelas Victor.

UPT BP2MI Wilayah DKI Jakarta telah beroperasi di Mal Pelayanan Publik dengan memberikan pelayanan berupa pelayanan informasi peluang kerja luar negeri, pelayanan pengaduan, pelayanan penempatan, pelayanan kepulangan, penerbitan Surat Izin Perekrutan, pelayanan pemberdayaan PMI Purna, pelayanan pembuatan elektronik Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (e-KTKLN), serta pelayanan Orientasi Pra Pemberangkatan (OPP). 

Hadir dalam kegiatan ini Plt. Sekretaris Utama BP2MI, Kepala Biro Perencanaan BP2MI, Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPT BP2MI Wilayah DKI Jakarta, Pengantar Kerja Ahli Muda Subkoordinator Kelembagaan UPT BP2MI Wilayah DKI Jakarta, serta para peserta dari instansi dan lembaga yang memberikan pelayanan di Mal Pelayanan Publik. ** (Humas/BP2MI/Media UPT BP2MI Wilayah DKI Jakarta/AA)