Thursday, 7 July 2022

Berita

Berita Utama

UPT BP2MI Wilayah Kepri Tingkatkan Kompetensi Petugas Pemulangan PMI

-

00.12 2 December 2021 612

UPT BP2MI Wilayah Kepri Tingkatkan Kompetensi Petugas Pemulangan PMI

Tanjungpinang, BP2MI (29/11) – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Wilayah Kepulauan Riau (Kepri) menyelenggarakan kegiatan capacity building bagi para pegawai pada Sabtu (27/11/2021) dan Minggu (28/11/2021) lalu. Acara yang bertajuk “Pembinaan Petugas Pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI)" ini dilaksanakan di Madu Tiga Beach and Resort, Pulau Bintan dan dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi di lingkungan BP2MI, yakni Deputi Bidang Penempatan dan Pelindungan Kawasan Asia dan Afrika, Agustinus Gatot Hermawan; Direktur Pelindungan dan Pemberdayaan Kawasan Asia dan Afrika, Lismia Elita; Kepala UPT BP2MI Pekanbaru, Mangampin Simamora; Kepala UPT BP2MI Nunukan, AKBP F. Jaya Ginting; dan Tenaga Profesional Kepala BP2MI, Wawan Fahrudin.

Kepala UPT BP2MI Wilayah Kepri, Mangiring H. Sinaga, menyampaikan tujuan dari kegiatan capacity building ini selain untuk menyegarkan kembali semangat para pegawai juga untuk memotivasi mereka untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, khususnya para PMI.

Pada hari pertama, para peserta dan undangan mengunjungi Pantai Batu Junjong. Untuk mencapai lokasi tersebut, terdapat dua pilihan jalur perjalanan, yaitu menerjang ombak dengan menumpang perahu kecil (perahu pompong) dan menerobos belantara perbukitan dengan kendaraan off-road.

Tujuan dari kunjungan ke lokasi terpencil ini adalah menyajikan gambaran nyata mengenai kondisi geografis Kepulauan Riau yang sepanjang garis pantainya rawan disalahgunakan menjadi pelabuhan-pelabuhan tikus untuk menyeberang ke negeri tetangga secara nonprosedural. Di akhir kunjungan, para peserta memancang sebuah papan berisi himbauan untuk menjaga keindahan pantai dan tidak menjadikannya sebagai pelabuhan ilegal.

Hari selanjutnya, para peserta antusias mengikuti outbound di Pantai Madu Tiga. Sejumlah permainan yang dirancang khusus untuk meningkatkan kerjasama tim ini berhasil mempererat keakraban para pegawai.

Deputi Bidang Penempatan dan Pelindungan Kawasan Asia dan Afrika, Agustinus Gatot Hermawan, mengapresiasi diadakannya kegiatan capacity building ini. “Saya selalu menekankan pentingnya inovasi dalam pelayanan oleh UPT BP2MI, terutama di wilayah perbatasan. Saya mengimbau agar para ASN dapat senantiasa menjaga integritas dan mengacu pada 9 Program Prioritas BP2MI dalam menjalankan tugasnya,” pungkas Gatot. * (Humas/UPT BP2MI Wilayah Kepri/FEB)