Wednesday, 27 October 2021

Berita

Berita Utama

UPT BP2MI Yogyakarta Fasilitasi Pemulangan PMI Kadir ke Kabupaten Bantul

-

00.08 1 August 2021 364

UPT BP2MI Yogyakarta Fasilitasi Pemulangan PMI Kadir ke Kabupaten Bantul

Yogyakarta, BP2MI (1/8) - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Yogyakarta kembali memfasilitasi pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Terkendala atas nama Kadir dari Malaysia. Kadir tiba di Bandara Internasional Yogyakarta pada hari Sabtu (31/7.2021) pukul 17.00 WIB. Setibanya di bandara, PMI tersebut didampingi oleh Tim Pelindungan BP2MI Yogyakarta, Rieke Verasanti dan Puspo, untuk proses pemeriksaan di KKP bandara serta pendataan dokumen.

Berdasarkan informasi dari Kadir, diketahui bahwa ia berangkat ke Malaysia pada tahun 2018 melalui Pontianak karena ajakan teman, kemudian bekerja secara non-prosedural di Plywood Lowe’s Lumber Company. Selama bekerja, ia tetap memperoleh gaji, namun paspor ditahan oleh pihak perusahaan karena habis masa berlaku.

Penetapan kebijakan lockdown Malaysia berimbas pada perusahaan tempat Kadir bekerja, sehingga mengharuskan Kadir kembali ke Indonesia.

Perjuangannya untuk pulang ke kampung halaman harus melalui jalan panjang, jalur darat, laut, dan udara. 12 hari di Nunukan, dilanjutkan perjalanan laut menuju Parepare, kemudian tinggal di shelter Pos BP2MI Parepare selama 13 hari, dilanjutkan tinggal di shelter UPT BP2MI Makassar selama 2 hari sebelum diterbangkan ke Yogyakarta.

Selanjutnya, Kadir dipulangkan ke daerah asal di Desa Ngujung DK IV, RT 002, Kel. Gading Harjo, Kec. Sanden, Kab. Bantul.

Apresiasi dan rasa terima kasih disampaikan oleh Diah Andarini, Kepala UPT BP2MI Yogyakarta, kepada UPT BP2MI Makassar dan shelter Pos BP2MI Parepare yang telah memberikan perlindungan dan pelayanan maksimal pada Kadir selama masa tunggu jadwal kepulangan, hingga diterbangkan ke Yogyakarta dengan selamat. * (Humas/UPT BP2MI Yogyakarta/Nila)