Sunday, 12 July 2020

Berita

Berita Utama

818 ABK Kapal Pesiar Tiba di Tanjung Priok, UPT BP2MI Jakarta Fasilitasi Pemulangannya

-

00.05 30 May 2020 226

818 ABK Kapal Pesiar Tiba di Tanjung Priok, UPT BP2MI Jakarta Fasilitasi Pemulangannya

Jakarta, BP2MI (30/05) – UPT BP2MI DKI Jakarta turut fasilitasi kepulangan 818 Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Pesiar MV Nieuw Amsterdam dan Carnival Splendor yang tiba di dermaga II JICT Tanjung Priok Jakarta Utara, Jumat (29/05). 

Proses Kepulangan para ABK dipimpin langsung oleh Komandan Lantamal III Jakarta Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto, selaku Komandan Satuan Tugas. 818 ABK yang tiba ini terdiri dari 418 ABK yang bekerja di kapal MV Nieuw Amsterdam dan 400 ABK bekerja di kapal Carnival Splendor. 

Kepala UPT BP2MI DKI Jakarta, Mucharom mengatakan fasilitasi ini adalah bentuk kepedulian negara terhadap Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang banyak berjasa terhadap pertumbuhan ekonomi melalui remitansi yang mereka kirimkan ke tanah air.

Berbeda dari kepulangan ABK sebelumnya, setelah mereka sampai di dermaga II JICT Tanjung Priuk tidak langsung dilakukan pemeriksaan rapid tes dan swab, tetapi disiapkan protokol Covid-19 terhadap para ABK dan barang bawaan dengan menyemprotkan cairan desinfektan.

"Untuk pemeriksaan Rapid Tes dan Swab akan dilakukan di hotel tempat karantina para ABK tersebut. Pihak agensi (perusahaan) yang memberangkatkan ABK, telah menyiapkan hotel untuk karantina para ABK,," kata Mucharom.

Jika hasil pemeriksaan kesehatan para ABK ini positif, lanjut Mucharom, maka mereka akan dibawa ke RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran, namun jika hasilnya adalah negatif mereka akan dipulangkan ke daerah asal masing-masing dan melakukan isolasi mandiri selama 14 hari di rumah.

Ia menambahkan seluruh ABK dari kedua kapal tersebut berasal dari Aceh, Bali, DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Yogyakarta, NTT, Maluku, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Jambi, Sulasewi Utara, Sulawesi Selatan, Lampung, dan Kalimantan Selatan .

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Syahbandar Tanjung Priuk, KSOP, Imigrasi, Bea Cukai dan Pihak Agen Kapal. ****(Humas/rs-UPT BP2MI Jakarta)