Thursday, 9 July 2020

Berita

Berita Utama

Cegah Covid-19, UPT BP2MI Padang Adakan Rapid Test bagi Pegawai

-

00.05 28 May 2020 348

Cegah Covid-19, UPT BP2MI Padang Adakan Rapid Test bagi Pegawai

Padang, BP2MI (28/5)  -  Unit Pelayanan Teknis Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (UPT BP2MI) Padang melakukan rapid test Covid-19 kepada seluruh pegawai  pada Kamis (28/5/2020). Kepala UPT BP2MI Padang, Joko Purwanto, mengatakan kegiatan ini merupakan upaya percepatan penanganan Covid-19 di lingkungan kerja UPT BP2MI Padang. Sebanyak 21 pegawai diambil sampel darahnya dan dites oleh petugas kesehatan yang berasal dari Rumah Sakit Hermina Padang. 

“Selain karena adanya surat edaran dari Sekretaris Utama BP2MI Nomor : B 147/SU/V/ 2020 tanggal 18 Mei 2020 perihal pengadaan barang dan jasa dalam rangka Penanganan Covid-19, kegiatan ini kami lakukan sebagai bentuk kepedulian kepada pegawai yang telah bertugas selama pandemi ini. Apalagi ada beberapa pegawai yang masih bertugas di Bandara Internasional Minangkabau untuk membantu kepulangan PMI dari luar negeri,” ujar Joko. 

Ia menambahkan, tujuan rapid test ini untuk membantu mendeteksi awal gejala Covid-19 dan upaya memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid-19. Hasil dari rapid test yang akan keluar esok hari ini akan dikoordinasikan dengan satuan Gugus Tugas Covid-19 di Sumatera Barat. Jika nanti terdapat hasil yang reaktif, maka pegawai yang bersangkutan akan langsung diminta untuk isolasi mandiri dan dilakukan swab test atau pengambilan sampel lendir melalui metode PCR (Polymerase Chain Reaction) untuk memastikan positif atau tidaknya Covid-19. 

“Kami berharap dari pemeriksaan ini tidak ada yang reaktif. Semua pegawai kami harapkan sehat sehingga dapat bekerja seperti sedia kala,” harap Joko. 

UPT BP2MI Padang telah melakukan langkah-langkah dalam pencegahan penyebaran Covid-19, yaitu mengharuskan cuci tangan di pintu masuk kantor, penyediaan hand sanitizer, penyemprotan desinfektan di setiap ruangan kantor, serta memberikan vitamin, susu, madu dan jamu agar para pegawai dapat meningkatkan daya tahan tubuh selama pandemi berlangsung. Selain itu, tak lupa pula selalu diingatkan kepada seluruh pegawai untuk menerapkan pola hidup sehat. ** (Humas/UPT BP2MI Padang/dba)