Friday, 23 April 2021

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi

Direktur Sistem dan Strategi Penempatan dan Pelindungan


Dr. Ir. Haposan Saragih, M.Agr.

Lahir di Medan, Sumatera Utara pada tanggal 3 Maret 1961. Menempuh pendidikan S1 Perlindungan Tanaman di Institut Pertanian Bogor dan mendapatkan gelar Sarjana pada tahun 1985. Menempuh pendidikan S2 Bio Production di University of The Ryukyus, Japan, dan mendapatkan gelar Magister pada tahun 1999. Kemudian melanjutkan pendidikan S3 Agriculture Science di Kagoshima University Japan, dan mendapatkan gelar Doktor pada tahun 2002.

Mengawali karir Pegawai Negeri Sipil sebagai staf Seksi Pencegahan Pemberantasan Hama di Direktorat Bina Usaha Ekonomi Dirjen Pengerahan dan Pembinaan, Departemen Transmigrasi dan PHH pada tahun 1986. Pada tahun 2003 dipromosi menjadi Kepala Sub Direktorat Bina Pelayanan Kesejahteraan Transmigrasi di Direktorat Bina Usaha Ekonomi Ditjen Mobilitas Penduduk, Depnakertrans. Pada tahun 2005, dilantik menjadi Kepala Bidang Evaluasi dan Promosi di Badan Penelitian dan Informasi, Depnakertrans.

Pada tahun 2007 bergabung ke Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) dan dipromosikan menjadi Direktur Kerjasama Luar Negeri Kawasan Asia Pasifik dan Amerika, Deputi Bidang KLN dan Promosi BNP2TKI. Pada tahun 2010, dipercaya menjadi Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah Deputi Bidang Penempatan BNP2TKI. Kemudian pada tahun 2014 menjabat sebagai Direktur Kerjasama dan Verifikasi Penyiapan Dokumen Deputi Bidang Penempatan BNP2TKI. Pada tanggal 16 Oktober 2020, beliau dilantik menjadi Direktur Sistem dan Strategi Penempatan dan Pelindungan Deputi Bidang Penempatan dan Pelindungan Kawasan Eropa dan Timur Tengah BP2MI hingga sekarang.

Atas pengabdian Beliau hingga saat ini, Presiden Republik Indonesia menganugerahkan penghargaan Satyalancana Karya Satya X tahun pada tahun 2004, Satyalancana Karya Satya XX tahun pada tahun 2006, dan Satyalancana Karya Satya XXX pada tahun 2017.