Thursday, 9 December 2021

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi

Deputi Penempatan Dan Pelindungan Kawasan Amerika Dan Pasifik


Drs. Lasro Simbolon, M.A.

Lahir di Tapanuli Utara, Sumatera Utara pada tanggal 3 Desember 1964, dan menuntaskan pendidikan S1 di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sumatera Utara tahun 1987. Lasro meraih gelar Master of Arts pada program pasca sarjana International Politics and Economics di Griffith University, Queensland, Australia, tahun 1995.

Lasro merupakan diplomat karir pada Kementerian Luar Negeri. Beliau menamatkan Pendidikan Sekolah Dinas Luar Negeri selama satu tahun (1991). Pada tahun 1996, Lasro ditempatkan sebagai Sekretaris II Politik Multilateral pada KBRI/PTRI Wina, Austria (1996-2000), kemudian kembali bertugas di Ditjen Multilateral sebagai Kepala Seksi Politik Khusus.

Lasro kemudian ditugaskan menjadi Counsellor pada PTRI Jenewa, Swiss (2002-2006) dan menjadi Person in Charge untuk UN Human Rights Council, IOM, ICRC, dan sebagian tugas-tugas terkait dengan ILO, WHO, dan ITU. Setelah 4 tahun bertugas di PTRI Jenewa, Lasro mengemban tugas sebagai Co-coordinator Bidang Substansi, Komisi Kebenaran dan Persahabatan RI-Timor Leste di Denpasar, Bali. Pada tahun 2008, Lasro kemudian ditugaskan menjadi Kasubdit Hak Asasi Manusia Kelompok Rentan, Direktorat Hak Asasi Manusia. Setelah itu, Lasro bertugas selaku Minister Counsellor pada KBRI Den Haag, Belanda (2009-2012).

Lasro Simbolon dipromosikan menjadi Eselon II di Kementerian Luar Negeri sebagai Direktur Afrika (2012-2016), satu penugasan penting selaku focal point penguatan kerja sama bilateral Indonesia dengan seluruh negara Sub-Sahara Afrika untuk berbagai sektor, terutama ekonomi, perdagangan, investasi, politik, sosial budaya, pelindungan warga dan people to people interactions. Setelah itu, Lasro dipromosikan sebagai Wakil Kepala Perwakilan RI (Wakil Duta Besar) untuk Rusia dan Belarus di KBRI Moskow pada bulan Juli 2016 selama 3 tahun. Sekembalinya dari Moskow, Lasro bertugas selaku Diplomat Ahli Madya (Minister) pada Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa. Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 114/TPA Tahun 2021 tanggal 5 Agustus 2021, Lasro diangkat sebagai Deputi Bidang Penempatan dan Pelindungan Kawasan Amerika dan Pasifik pada Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).

Lasro Simbolon mengikuti berbagai pelatihan di dalam dan luar negeri, termasuk Sekolah Staf Luar Negeri (Sesdilu) pada tahun 2001, Sekolah Staf dan Pimpinan Luar Negeri (Sesparlu) dan Diklat PIM II pada tahun 2008, International Training on Peace Making and Preventive Diplomacy di Oslo, Norwegia (2005), dan International Training for Senior Diplomats oleh Clingendael Institute, Belanda (2011).

Sepanjang karirnya, Lasro Simbolon telah mendapatkan penganugerahan dari Presiden Republik Indonesia berupa penghargaan Satyalencana Karya Satya 10 Tahun (2000), penghargaan Satyalencana Karya Satya 20 Tahun (2010), serta Satyalencana Karya Satya 30 Tahun (2020). Lasro juga memperoleh penghargaan Peringkat Pertama Pendidikan Terpadu Sesparlu dan Diklat PIM II diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri dan Lembaga Administrasi Negara pada tahun 2008.