Friday, 23 April 2021

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi

Direktur Penempatan NonPemerintah


Ir. Arini Rahyuwati, M.M.

Lahir di Bogor pada tanggal 3 Februari 1961. Menempuh Pendidikan S1 Agronomi di Institut Pertanian Bogor, dengan gelar Sarjana Agronomi diraih pada tahun 1984. Menempuh Pendidikan S2 di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI dan mendapatkan gelar Magister di Bidang Manajemen pada tahun 1997.

Mengawali karir Pegawai Negeri Sipil Tahun 1987 sebagai Staf Dit. Bina Usaha Ekonomi Ditjen Pengerahan dan Pembinaan Departemen Transmigrasi dan Pemukiman Perambah Hutan RI. Pada tahun 1996 sebagai Staf Seksi Wilayah III di Subdit Bina Partisipasi Usaha Ekonomi. Tahun 2001 dipromosikan menjadi Kepala Seksi Wilayah I Subdit Bina Partisipasi Usaha Ekonomi di Direktorat Bina Usaha Ekonomi. Tahun pernah menduduki jabatan sebagai Kepala Subbagian Evaluasi dan Pelaporan di Sekretariat Direktorat Jenderal Pemberdayaan Suber Daya Kawasan Transmigrasi, Dep. Transmigrasi dan PPH.

Tahun 2003 dipercaya dan dipromosikan untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi yaitu Kepala Sub Direktorat Rehabilitasi dan Bimbingan Purna Penempatan di Direktorat Pemberdayaan Tenaga Kerja Luar Negeri, Deputi Bidang Perlindungan BNP2TKI. Serta tahun 2006 dilantik sebagai Kepala Subdirektorat Rehabilitasi dan Reintegrasi di Direktorat Pemberdayaan Tenaga Kerja Luar Negeri, Deputi Bidang Perlindungan BNP2TKI. Pada tahun 2007 diberi kepercayaan menjadi Kepala Subdirektorat Pembiayaan dan Remitensi di Direktorat Pemberdayaan BNP2TKI. Tahun 2010 menjabat sebagai Kepala Bagian Penyusunan Program dan Anggaran di Biro Perencanaan dan Administrasi Kerjasama Luar Negeri BNP2TKI.

Tahun 2011, Beliau dipromosikan menjadi Direktur Perlindungan dan Advokasi Kawasan TimTeng, Afrika, dan Eropa, Satu Tahun kemudian yaitu tahun 2012 diberikan amanah sebagai Direktur Pemberdayaan, Deputi Bidang Perlindungan BNP2TKI. Kemudian tahun 2017 sebagai Direktur Penyiapan dan Pembekalan Pemberangkatan Deputi Bidang Penempatan BNP2TKI. Pada tanggal 11 Januari 2019, dipercaya menjabat sebagai Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah BNP2TKI. Dan pada tangagl 16 Oktober 2020, beliau dilantik menjadi Direktur Penempatan Nonpemerintah Deputi Bidang Penempatan dan Pelindungan Kawasan Asia dan Afrika Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) hingga saat ini. 

Atas pengabdian, loyalitas dan dedikasinya selama menjadi ASN, Presiden Republik Indonesia menganugerahkan penghargaan Satyalancana Karya Satya X Tahun pada tahun 1999 dan penghargaan Satyalancana Karya Satya XXX Tahun pada tahun 2017.