Wednesday, 21 October 2020

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi

Plt. Deputi Bidang Penempatan dan Pelindungan Kawasan Eropa dan Timur Tengah


Ir. R. Wisantoro

Lahir di Madiun pada 10 Maret 1961. Menempuh pendidikan S1 Jurusan Sosial Ekonomi di Universitas Brawijaya, Malang. Gelar insinyurnya diraih pada tahun 1986.

Mengawali karir Pegawai Negeri Sipil sebagai Calon Instruktur Pertanian di Balai Latihan Kerja Klampok, Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada tahun 1988. Pernah menjabat sebagai Kepala Seksi Bimbingan Kerjasama Pelatihan pada tahun 1994, Kepala Seksi Bimbingan Kerjasama Pelatihan pada tahun 1995, dan Kepala Seksi Penempatan pada Subdit Penyediaan dan Penempatan pada tahun 2001 di Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Kemudian pada tahun 2002, menjabat sebagai Kepala Seksi Penyiapan Penempatan di Balai Pelayanan dan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Jakarta.

Pada tahun 2005, dipromosikan menjadi Atase Tenaga Kerja di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuwait. Lalu dipromosikan menjadi Kepala Subdirektorat Kerjasama Kawasan Eropa, Afrika dan Organisasi Internasional serta Kepala Subdirektorat Kerjasama Kawasan Aspam pada tahun 2012 di BNP2TKI. Pada tahun 2014 dipromosikan menjadi Direktur Penyiapan dan Pembekalan Pemberangkatan, tahun 2016 menjadi Direktur Mediasi dan Advokasi, dan tahun 2018 dipercaya menjadi Direktur Pelayanan Pengaduan. 

Terhitung sejak 1 September 2020, beliau juga menjabat sebagai Plt Deputi Penempatan dan Pelindungan Kawasan Eropa dan Timur Tengah. Dan pada tanggal 16 Oktober 2020, beliau dilantik menjadi Direktur Pelindungan dan Pemberdayaan Deputi Penempatan dan Pelindungan Kawasan Eropa dan Timur Tengah BP2MI hingga saat ini.

Atas pengabdian Beliau hingga saat ini, Presiden Republik Indonesia menganugerahkan penghargaan Satyalancana Karya Satya X tahun, Satyalancana Karya Satya XX tahun, dan Satyalancana Karya Satya XXX tahun.