Thursday, 22 October 2020

Program Prioritas Nasional

Upgrading Skill CTKI

Upgrading Skill Tingkatkan Kualitas dan Kompetensi CTKI Untuk Jabatan Chef di Australia

-

00.11 15 November 2017 1556

Denpasar, BNP2TKI, Selasa (14/11) - Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) telah menyelenggarakan program peningkatan kualitas/ kompetensi (upgrading skill) bahasa Inggris bagi calon TKI pada  sektor Hospitality dengan jabatan Chef untuk tujuan penempatan negara Australia di Kampus Overseas Training Center (OTC) Bali Jl. Kebon Iwa No.117 Padangsambian Kaja Denpasar.
 

Ini adalah upgrading skill yang ke tiga kalinya dilaksanakan di Provinsi Bali dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris bagi Calon TKI. Demikian pernyataan Deputi Kerjasama Luar Negeri dan Promosi (KLNP) Elia Rosalina Sunityo pada saat acara Penutupan program Upgrading Skill Bahasa Inggris untuk jabatan Chef dengan tujuan penempatan negara Australia di OTC Bali.
 

Elia juga mengatakan bahwa lowongan  kerja ke Australia sebagai chef ini sangat menarik, mengingat  gaji dan fasilitas yang ditawarkan sangat bagus. Total permintaan sebanyak 500 orang tenaga kerja untuk sektor hospitality jabatan chef dengan gaji sekitar 45 juta rupiah sampai dengan 50 juta rupiah perbulannya,  dengan kontrak kerja selama 3 tahun dan ditempatkan di hotel dan restaurant besar di Australia. Tapi saat ini kita baru bisa penuhi 40 orang saja, masih banyak yang belum terpenuhi.  Persoalannya para calon TKI harus memenuhi kualifikasi yang dipersyaratkan antara lain usia 18-30 tahun, pengalaman kerja pada jabatan chef, harus lulus tes IELTS 5.0/TOEFL 500, dan tes food, demikian kata Elia.
 

Lebih lanjut Elia menyebutkan bahwa para pencari kerja di Bali khususnya para chef, dengan program ini saya yakin dapat memenuhi dan mengisi lowongan kerja yang ada, mengingat masyarakat Bali sudah terbiasa dengan bahasa Inggris. Untuk itu BNP2TKI melakukan upgrading skill bagi para pencari kerja di Bali yang berminat bekerja ke Australia.
 

Dalam kegiatan upgrading skill ini, BNP2TKI memfasilitasi para pencari kerja agar lebih matching dengan demand melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan di lembaga pendidikan dan pelatihan yang telah memenuhi syarat sebagai lembaga upgrading skill.
 

Elin juga mengatakan bhw peserta upgrading skill ini harus sudah lulus dalam tes bahasa Ibggris (IELTS/TOEFL) dan dan test food langsung oleh user.
 

Upgrading Skill dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi calon TKI  selama kurun waktu tahun 2017 telah dilaksanakan pada sektor Kesehatan (Nurse dan Caregiver), Hospitality (Landbase dan Seabase), serta Welder.
 

Kepala BP3TKI Bali Ilham Achmad menambahkan bahwa program peningkatan kualitas (Upgrading Skill) bagi calon TKI untuk sektor Hospitality untuk jabatan Chef penempatan negara Australia ini dilaksanakan selama 1 bulan. BP3TKI Denpasar akan tetap berusaha sekuat tenaga menjembatani kegiatan-kegiatan seperti ini.
 

Hadir dalam acara tersebut jajaran dari Dinas Tenaga Kerja dan ESDM Provinsi Denpasar, Dinas Tenaga Kerja dan Sertifikasi Kota Denpasar, BP3TKI Denpasar, Direktur PT.  Suka Mulia Agung dan jajaran pimpinan OTC Bali.**** (Humas)