Wednesday, 3 June 2020

Berita

Berita Utama

BP2MI Berkomitmen Wujudkan Service Exellence melalui Penguatan Pengelolaan Pengaduan

-

00.02 6 February 2020 370

-

JAKARTA, BP2MI (06/02) - - Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BPPMI) melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi pengelolaan Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional (SIPPN) dan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) Pada Kementerian dan Lembaga yang diselenggarakan oleh Kementerian PANRB RI di Hotel Harris Vertu Harmoni Jakarta, (05/02/2020).

Kegiatan yang dibuka oleh Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Sistem Informasi Pelayanan Kementerian PANRB RI Dr. Drs. Muhammad Imanuddin, S.H., M.Si. menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan mandatory UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan sebagai wujud komitmen dari pemerintah dalam upaya mewujudkan tata kelola pelayanan publik yang prima (service excellence) yang diwujudkan melalui optimalisasi pengelolaan pengaduan. SIPPN merupakan satu jenis portal aplikasi yang diinisiasi oleh Kementerian PANRB RI dalam menyediakan informasi jenis layanan termasuk di dalamnya penyelenggara, petugas, waktu, biaya, persyaratan, dan prosedur layanan bagi masyarakat. Sedangkan SP4N-LAPOR! merupakan salah satu fitur aplikasi yang pada awalnya dikembangkan oleh Kantor Staf Presiden (KSP) yang kemudian belakangan diserahkan pengelolaannya kepada Kementerian PANRB bersama dengan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) yang digunakan untuk mengelola segala bentuk pengaduan pelayanan publik.

Pada kesempatan ini selain dilakukan monev SIPPN dan SP4N-LAPOR! juga dilakukan sharing knowledge yang menghadirkan best practices pengelolaan SIPPN dan SP4N-LAPOR! dari Kementerian Hukum dan HAM RI dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dengan tujuan agar dapat menjadi motivasi dan bahan pembelajaran bagi K/L lainnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh 66 K/L yang diwakili oleh penanggung jawab SIPP dan SP4N-LAPOR! masing-masing K/L, selain itu BP2MI juga menghadirkan 2 (dua) orang peserta untuk mengikuti kegiatan dimaksud, yaitu Eshtu Marwanto Putra, Kasubbag Tatalaksana, Bagian Oragnisasi dan Tatalaksana, Biro Organisasi dan Kepegawaian, dan Wirawan N. Harahap, Analis Ketatalaksanaan, Subbag Tatalaksana, Bagian Organsiasi dan Tatalaksana, Biro Organisasi dan Kepegawaian. ** (Humas / BP2MI / EMP / WNH)