Thursday, 6 May 2021

Berita

Berita Utama

UPT BP2MI Makassar Fasilitasi Pemulangan Jenazah PMI ABK Sulfianggara

-

00.05 6 May 2021 24

UPT BP2MI Makassar Fasilitasi Pemulangan Jenazah PMI ABK Sulfianggara.

Makassar, BP2MI (6/5) -  UPT BP2MI Makassar memfasilitasi pemulangan jenazah Pekerja Migran Indonesia (PMI) Anak Buah Kapal (ABK) dari Taiwan atas nama Sulfianggara yang tiba di terminal cargo Bandara  Sultan Hasanuddin Makassar pada Hari Rabu (5/5/2021), pukul 11.45 WITA.

Berdasarkan informasi dari KDEI Taipei, Alm Sulfianggara meninggal dunia di atas kapal Her Wen No. 1 saat di perairan Uruguay. Sulfianggara meninggal dunia pada tanggal 05 Maret 2021 akibat kecelakaan kerja terhantam ombak dan membentur besi kapal hingga mengalami cidera pada organ vital. 

Kecelakaan kerja tersebut terjadi di kapal Shuen Man No. 626. Usai kecelakaan kerja yang menimpa Sulfianggara, Kapten kapal mengistirahatkan ABK tersebut. Namun saat kondisinya semakin menurun, kapten memutuskan untuk memindahkan ABK ke kapal Her Wen No. 1 dan langsung dibawa ke wilayah daratan Uruguay, namun dalam perjalanan menuju darat tersebut kondisi Sulfianggara semakin menurun dan akhirnya menghembuskan nafas terakhir di atas kapal tersebut. 

Tim Perlindungan UPT BP2MI Makassar menyambut kedatangan jenazah Sulfianggara di terminal cargo Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, dan menyerahkan Jenazah kepada pihak PT. Sammy Lautan Sejati yang diwakili oleh Syamsuddin dan membawa jenazah langsung ke kampung halaman di Dusun Aralaya, Kecamatan Ujung Loe, Kabupaten Bulukumba.

Sementara itu Kepala  UPT BP2MI Makassar, Agus Bustami menyampaikan apresiasi atas responsibilitas PT. Sammy Lautan Sejati yang langsung sigap tanggap dalam mengkomunikasikan kejadian yang menimpa ABK pada pihak keluarga, serta pendampingan repatriasi nenazah ABK tersebut sampai pada tanggugjawabnya dalam pengurusan hak-hak ABK.*** (Humas UPT BP2MI Makassar/Nila)