Saturday, 5 December 2020

Berita

Berita Utama

UPT BP2MI Denpasar Lakukan Serah Terima Jenazah Pahlawan Devisa Asal Gianyar

-

00.12 4 December 2020 22

UPT BP2MI Denpasar Lakukan Serah Terima Jenazah Pahlawan Devisa Asal Gianyar

Denpasar, BP2MI (1/12) - Sebagai bentuk komitmen UPT BP2MI Denpasar dalam melaksanakan mandat Undang-undang Nomor 18 Tahun 2017, telah dilaksanakan fasilitasi pemulangan jenazah PMI Ida Ayu Putu Eka Darmawati yang berasal dari Gianyar, Bali  Rabu (1/12/2020).

 

Sebagaimana yang diamanatkan  Undang-Undang Nomor 18 tahun 2017 mengenai Pelindungan Pekerja Migran Indonesia, pelindungan PMI harus dilaksanakan secara komprehensif mulai dari pra, masa, dan purna penempatan.

 

Almarhumah Ida Ayu Eka Darmawati meninggal di Tanger, Maroko, pada  10 November 2020 karena sakit. Jenazah almarhumah Ida Ayu Putu Eka Darmawati dipulangkan dari luar negeri pada Minggu (29/11/2020) dan tiba di Jakarta pada Senin (30/11/2020). Jenazah kemudian diterbangkan ke Bali menggunakan pesawat Garuda GA438, Rabu (1/12/2020). 

 

Tim UPT BP2MI Denpasar telah melakukan koordinasi pengurusan kargo jenazah dan memantau proses pemulangan jenazah ke daerah asalnya di Gianyar. Jenazah telah disemayamkan sementara di RS Sanjiwani dan diserahterimakan dengan pihak keluarga oleh petugas UPT BP2MI Denpasar.

 

Selanjutnya dilakukan prosesi jenazah sesuai dengan adat setempat. Proses serah terima disaksikan oleh perwakilan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gianyar.

“Seluruh jajaran UPT BPMI Denpasar mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya Ida. UPT BP2MI Denpasar akan tetap melakukan yang terbaik untuk memfasilitasi pemulangan PMI yang bermasalah, sakit, maupun meninggal," pungkas Kepala Seksi Pelindungan dan Pemberdayaan UPT BP2MI Denpasar, Anak Agung Gde Indra Hardiawan,

Ia menambahkan, pemulangan jenazah almarhumah dapat dilaksanakan dengan baik dan tanpa kendala yang berarti tentunya berkat kerjasama dari instansi terkait, khususnya KBRI Rabat, BP2MI, UPT BP2MI Serang, dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gianyar. * (Humas/UPT BPMI Bali)