Tuesday, 7 July 2020

Berita

Berita Utama

UPT BP2MI Makassar dan Palang Merah Indonesia Rehabilitasi Pekerja Migran Deportasi asal NTT

-

00.07 7 July 2020 11

UPT BP2MI Makassar dan Palang Merah Indonesia Rehabilitasi Pekerja Migran Deportasi asal NTT

Makassar, BP2MI (7/7) - UPT BP2MI Makassar melaksanakan rehabilitasi  46 deportan PMI dari Malaysia yang tiba di Pelabuhan Nusantara Parepare, Jumat (3/7/2020). Dari Parepare, para PMI tersebut dibawa ke UPT BP2MI Makassar menggunakan jalur darat. Saat ini para PMI tersebut ditampung di Rumah Sewa yang berlokasi di samping kantor UPT BP2MI Makassar, Jl. Paccinang Raya No. 104, Tello Baru, Makassar. Sembari menunggu jadwal kapal keberangkatan ke NTT, dilakukan kegiatan rehabilitasi bagi para PMI tersebut hingga Kamis (9/7/2020). 

Tujuan kegiatan ini untuk memberikan dorongan dan dukungan bagi PMI dalam rangka merehabilitasi kondisi fisik dan mental mereka. Selama proses rehabilitasi, diberikan edukasi dan bimbingan guna menambah pemahaman mereka mengenai prosedur kerja yang benar ke luar negeri serta pemahaman mengenai pelindungan bagi pekerja migran baik sebelum bekerja, selama bekerja dan setelah bekerja.

UPT BP2MI Makassar juga memberikan fasilitas pemeriksaan kesehatan bagi mereka, khusunya rapid test bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia, Makassar, sebelum diberangkatkan kembali ke NTT.

Kepala UPT BP2MI Makassar, Mohd Agus Bustami menjelasan bahwa untuk menjaga kondisi fisik mereka agar tetap bugar, para PMI tersebut diarahkan untuk melaksanakan kegiatan kerja bakti menjaga kebersihan lingkungan di Kantor UPT BP2MI Makassar.

"Dalam kegiatan rehabilitasi ini diberikan juga edukasi moral kepada para PMI dalam menyikapi berbagai ajakan calo untuk bekerja ke luar negeri secara prosedural, juga bagaimana upaya pelindungan diri dalam rangka menghindari calo, serta kepada siapa mereka harus melapor jika ada calo yang mengiming-imingi keberangkatan ke luar negeri dengan cara mudah tanpa dokumen resmi," ungkap Agus.

Kegiatan rehabilitasi tersebut dilaksanakan sampai menjelang keberangkatan para PMI tersebut melalui Pelabuhan Bira yang dijadwalkan pada Kamis (9/7/2020) pukul 24.00 WITA.

Agus Bustami mengtakan,  bahwa untuk pemulangan PMI ke NTT Pihak BP2MI UPT Makassar telah melaksanakan koordinasi dengan ASDP Cabang Selayar, UPT BP2MI Kupang, dan Dinas Tenaga Kerja NTT, sehingga setibanya mereka di Pelabuhan Maropokot NTT, mereka akan difasilitasi oleh UPT BP2MI Kupang sampai ke kampung halaman.*** (Humas/UPT BP2MI Makassar/Nila)