Thursday, 9 December 2021

Berita

Berita Utama

BP2MI Sambut Kepulangan 22 Pekerja Migran ABK dari Suriname dan Panama

-

00.10 4 October 2021 334

BP2MI Sambut Kepulangan 22 Pekerja Migran ABK dari Suriname dan Panama

Tangerang, BP2MI (4/10) – Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) menyambut kepulangan sebanyak 22 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) Anak Buah Kapal (ABK)  dari Suriname dan Panama di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

Para PMI ABK disambut oleh Direktorat Pelindungan Dan Pemberdayaan Kawasan Amerika dan Pasifik dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) BP2MI Serang, Senin (4/10/2021), pukul 18.55 WIB.

Berdasarkan keterangan dari para PMI ABK, sebelumnya mereka bekerja di perusahaan Gilontas Ocean Panama S.A. dan telah menyelesaikan masa kerjanya. Namun, menurut pengakuan mereka, mayoritas dari para PMI ABK belum sepenuhnya menerima hak mereka, yaitu sisa gaji dan uang jaminan dengan nilai yang bervariasi.

Terkait kendala tersebut, Direktur Pelindungan dan Pemberdayaan Kawasan Amerika dan Pasifik, Seriulina Br. Tarigan, mengatakan, para PMI ABK dapat menghubungi nomor telepon Crisis Center BP2MI di 0 800 1000 untuk dapat menyampaikan permasalahan mereka.
“Jika hak mereka tidak segera diterima, BP2MI siap mengawal para PMI ABK sampai mereka menerima hak-hak mereka hingga tuntas,” tegas Seriulina.

Para PMI ABK menyampaikan rasa terima kasih kepada BP2MI atas kepedulian dalam upaya pemenuhan hak mereka.

Lebih lanjut, sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku, para PMI ABK akan menjalani karantina di Wisma Atlet Pademangan, Jakarta selama delapan hari, untuk dapat dipastikan kesehatannya sebelum pulang ke kampung halamannya masing-masing. * (Humas/CLN)