Monday, 10 March 2025
logo

Berita

Berita Utama

Inspektur Jenderal KP2MI Berikan Arahan Tata Kelola Anggaran dan Pembinaan Kinerja Kepegawaian di BP3MI Bali

-

00.02 24 February 2025 82

Inspektur Jenderal KP2MI Berikan Arahan Tata Kelola Anggaran dan Pembinaan Kinerja Kepegawaian di BP3MI Bali

Bali, KP2MI (26/2) – Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Bali menerima kunjungan dari Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (KP2MI), Komjen Pol. I Ketut Suardana, pada Senin (24/2/2025). Dalam kunjungan ini, seluruh pegawai BP3MI Bali mendapatkan arahan terkait tata kelola anggaran, tindak lanjut hasil pengawasan, dan penguatan integritas kepegawaian.

Dalam arahannya, Komjen Pol. I Ketut Suardana memberikan apresiasi kepada BP3MI Bali yang telah menyelesaikan seluruh temuan dari Inspektorat. Ketut mengingatkan agar seluruh pegawai tetap berpegang pada prinsip hukum dan tidak melakukan pelanggaran, terutama dalam pengelolaan anggaran. “Kita sudah digaji oleh negara. Jangan pernah melakukan tindakan seperti pungutan liar (pungli), bermain anggaran, dan hal-hal lain yang bertentangan dengan etika sebagai ASN,” tegas Ketut.

Selain itu, Ketut menginstruksikan agar BP3MI Bali lebih cermat dalam menginventarisir Barang Milik Negara (BMN) dan disiplin dalam memperbaharui status BMN secara berkala. Langkah ini penting untuk memastikan akuntabilitas dan tertib administrasi, serta mencegah adanya BMN yang statusnya sudah tidak update lagi. “Jangan sampai barang yang sudah rusak berat tercatat masih dapat digunakan. Hal itu penting untuk menjaga agar laporan BMN tetap aktual,” pesan Ketut.

Dari segi kepegawaian, para pegawai juga diingatkan untuk menjunjung tinggi integritas dan etika dalam bekerja. Harapan Ketut, seluruh pegawai BP3MI Bali dapat menjadi contoh dan teladan dalam melayani masyarakat serta melindungi hak-hak Pekerja Migran Indonesia.

Kepala BP3MI Bali, Anak Agung Gde Indra Hardiawan, mengungkapkan rasa terima kasih atas arahan yang diberikan. “Kami akan berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan kami dan memastikan setiap pegawai mematuhi arahan ini demi menjaga kepercayaan dan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” ujar Agung.

Kunjungan ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkuat tata kelola kelembagaan dan meningkatkan profesionalisme BP3MI Bali dalam menjalankan tugas pelindungan bagi Pekerja Migran Indonesia. * (Humas/BP3MI Bali/CLN)