Monday, 15 April 2024

Berita

Berita Utama

Jalin Sinergi dengan Pemda, BP2MI Kunjungi Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara

-

00.12 3 December 2023 437

Jalin Sinergi dengan Pemda, BP2MI Kunjungi Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara

Muna, BP2MI (3/12) – Dalam peningkatan kerja sama antara Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) dengan Pemerintah Kabupaten Muna dalam penempatan Pekerja Migran Indonesia ke luar negeri secara prosedural, Deputi Bidang Penempatan dan Pelindungan Kawasan Asia dan Afrika, Agustinus Gatot Hermawan, dan Direktur Sistem dan Strategi Penempatan dan Pelindungan Kawasan Asia dan Afrika, Lismia Elita, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Muna. Kunjungan BP2MI ke Kabupaten Muna yang dilakukan pada Minggu (3/12/2023) disambut langsung oleh Plh. Wakil Bupati Muna, Bachrun Labuta

Pada kunjungannya, Gatot menyampaikan beberapa hal, seperti sinergi dalam hal pelayanan, penempatan, dan pelindungan Pekerja Migran Indonesia sesuai tugas dan fungsi masing-masing Pemerintah Pusat dan Daerah, serta keberpihakan Pemerintah Daerah sesuai dengan Undang-undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia.

“Kami juga memiliki Komunitas Relawan Pekerja Migran Indonesia (Kawan PMI) yang memiliki tugas dan fungsi menyampaikan peluang kerja ke luar negeri bagi masyarakat Kabupaten Muna dengan kompetensi yang dimiliki. Kami juga memiliki berbagai program penempatan pekerja migran, seperti melalui skema Government to Government (G to G),” jelas Gatot.

Bachrun mengucapkan terima kasih kepada BP2MI atas kunjungannya ke Kabupaten Muna. Ia menyampikan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar melakukan pertemuan dengan lembaga pendidikan untuk mempersiapkan penempatan pekerja migran khusus sektor perawat.

“Untuk tahun anggaran 2024, Pemerintah Kabupaten Muna memperbesar anggaran untuk penyebarluasan informasi peluang kerja ke luar negeri,” ujar Bachrun yang menjadi kabar gembira bagi calon Pekerja Migran Indonesia. * (Humas/BP3MI Sulawesi Tenggara/AS/CLN)