Wednesday, 27 October 2021

Berita

Berita Utama

Kerja Sama dengan UPT BP2MI Wilayah Jawa Timur, Pos Pelayanan BP2MI Sidoarjo Tindak Lanjuti Pengaduan PMI

-

00.10 11 October 2021 201

Kerja Sama dengan UPT BP2MI Wilayah Jawa Timur, Pos Pelayanan BP2MI Sidoarjo Tindak Lanjuti Pengaduan PMI

Sidoarjo, BP2MI (11/10) - Hingga 10 Oktober 2021, Pos Pelayanan BP2MI Sidoarjo telah menerima empat pengaduan dari Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) yang akan berangkat dan juga dari Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang telah berada di negara penempatan. Tiga di antara laporan pengaduan tersebut disampaikan melalui aplikasi WhatsApp

Koordinator Pos Pelayanan Siodarjo, Erni Yuanawati, langsung bergerak menindaklanjuti laporan tersebut. Adapun laporan pertama datang dari seorang CPMI yang meminta bantuan  pengunduran diri kepada P3MI Mulia Laksana Sejahtera. PMI tersebut meminta bantuan Pos Pelayanan BP2MI Sidoarjo untuk dilakukan mediasi perihal pengunduran dirinya. Erni yang bertindak sebagai mediator, yang didampingi petugas perlindungan, langsung melakukan mediasi dengan P3MI terkait. Namun dalam mediasi yang dilakukan Senin (11/10/2021) ini, belum menemukan kesepakatan antara CPMI dan P3MI.

“Kami belum mencapai kesepakatan dengan P3MI, dan selanjutnya akan kembali bertemu pada Kamis (14/10/2021) nanti,” jelas Erni.

Di samping itu, pengaduan lain datang dari tiga PMI yang diberangkatkan secara nonprosedural ke Irak. Para PMI tersebut, melalui pesan WhatsApp meminta bantuan BP2MI untuk dipulangkan ke Tanah Air karena mendapat perlakuan tidak baik dari majikan. 

“Kami akan meminta bantuan kepada UPT BP2MI Wilayah Jawa Timur untuk menyelesaikan kasus pengaduan ini, dikarenakan masalah tersebut adalah lintas negara, dan tidak ada P3MI yang bertanggung jawab untuk pemberangkatan PMI tersebut,” tutur Erni.

Dalam pesannya, mereka mengaku banyak perlakuan tidak lazim yang diterima oleh para PMI yang berada di Irak. Seperti tidak adanya jam istirahat, gaji yang tidak sesuai, sampai perbuatan tidak senonoh yang dilakukan oleh majikan disana. Bahkan ada satu PMI  di Irak yang saat ini diketahui sudah berada di negara lain yaitu di Turki karena dibawa oleh majikannya.

Erni menjelaskan, bahwa Pos Pelayanan BP2MI Sidoarjo akan terus mengawal proses penanganan kasus para PMI ini sampai tuntas.

“Pos Pelayanan BP2MI Sidoarjo akan terus mengawal proses penyelesaian penanganan masalah PMI yang diberangkatkan secara nonprosedural, sampai nanti permasalahan tersebut dinyatakan selesai,” tutup Erni. ** (Humas/Pos Pelayanan BP2MI Sidoarjo)