Saturday, 6 March 2021

Berita

Berita Utama

Kolaborasi UPT BP2MI Mataram - PT Pegadaian (Persero) Perkuat Inklusi Keuangan PMI Asal NTB

-

00.12 5 December 2020 379

Kolaborasi UPT BP2MI Mataram - PT Pegadaian (Persero) Perkuat Inklusi Keuangan PMI Asal NTB

Mataram, BP2MI (4/12) - UPT BP2MI Mataram bersama PT Pegadaian (Persero) melaksanakan kolaborasi  program edukasi keuangan kepada  223 Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) asal Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kegiatan  dilakukan serentak di 4  lokasi, yaitu Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Tengah, dan dua kegiatan di Kabupaten Lombok Barat. Kegiatan ini bertempat di BLKN Swasta P3MI PT Primadaya Pratama Pandukarya dan PT Tekad Jaya Abadi.

Peserta  berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah CPMI dengan negara tujuan  Malaysia dan Hong Kong.  Kegiatan tersebut juga merupakan rangkaian memeriahkan Migrant Day 2020 yang dilaksanakan secara daring dan melibatkan sejumlah 2500 CPMI di Dyandra Convention Center, Surabaya, Kamis (3/12/2020).

Kepala UPT BP2MI Mataram, Abri Danar Prabawa mengatakan, kegiatan edukasi keuangan bertujuan untuk mengenalkan PMI dengan layanan digital keuangan karena masih banyak masyarakat, khususnya PMI asal NTB yang belum tersentuh layanan jasa keuangan.

"PT Pegadaian (Persero) melalui  layanan program digitalnya seperti tabungan emas, pembiayaan talangan untuk haji dan umroh, dan pembiayaan amanah, hadir memperkaya pilihan PMI dalam mengelola keuangannya," ujar Abri.

Abri mengapresiasi kegiatan ini karena di tengah masa Pandemi COVID-19 adalah waktu yang tepat untuk mempersiapkan CPMI terkait literasi keuangannya.

“Saat ini beberapa negara masih menutup pintu masuk untuk tenaga kerja asing, salah satunya adalah Malaysia yang merupakan tujuan penempatan utama bagi PMI asal NTB" jelasnya.

Dengan program literasi keuangan ini,  Abri berharap kami dapat membantu PMI membuat perencanaan keuangan sekaligus mengelolanya saat sudah berpenghasilan nanti. 

Ia menambahkan, UPT BP2MI Mataram akan terus berupaya berkolaborasi dengan berbagai stakeholder untuk memperkuat inklusi keuangan PMI agar hasil yang diperoleh selama bekerja diluar negeri dapat digunakan tepat sasaran dan bermanfaat bagi kehidupan perekonomian PMI beserta keluarganya.

Kepala Departemen Produk Non Gadai Pegadaian area Ampenan, Arif Fanany, menanggapinya  bahwa komitmen PT Pegadaian untuk memberdayakan PMI melalui layanan edukasi keuangan.

“Program ini merupakan upaya Pegadaian dalam memberikan layanan skala global, salah satunya bagi para PMI. Kami bekali PMI terkait pemahaman untuk mengatur keuangan, sehingga para PMI dapat mengelola pendapatan selama bekerja di luar negeri dan mengatur keuangannya dengan baik,” kata Arif.* (Humas/UPT BP2MI Mataram/CW)