Thursday, 9 December 2021

Berita

Berita Utama

Membangkitkan Perekonomian dalam Masa Pandemi, BP2MI Sosialisasikan Program Kartu Prakerja di Lamongan

-

00.10 21 October 2021 273

Membangkitkan Perekonomian dalam Masa Pandemi, BP2MI Sosialisasikan Program Kartu Prakerja di Lamongan

Lamongan, BP2MI (21/10) - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Wilayah Jawa Timur, melalui Pos Pelayanan BP2MI Sidoarjo melakukan sosialisasi Program Kartu Prakerja untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI), PMI Purna, beserta keluarganya. Sosialisasi diselenggarakan di Desa Sugihan, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan, pada Kamis (21/10/2021). Bekerjasama dengan Komunitas Keluarga Buruh Migran (KKBM) Hati Mulya, kegiatan ini bertema “Membangkitkan Perekonomian melalui Program Kartu Prakerja” dan dihadiri 30 peserta.

Koordinator Pos Pelayanan BP2MI Sidoarjo, Erni Yuanawati yang juga hadir sebagai narasumber, menyampaikan bahwa sosialisasi ini adalah tindak lanjut kolaborasi antara Program Kartu Prakerja dengan BP2MI.

“Sebagai bentuk nyata kehadiran negara di tengah pandemi, BP2MI merespons situasi tersebut dengan melakukan kolaborasi bersama Kartu Prakerja. Diharapkan sosialisasi ini mendorong produktivitas dan ketangguhan para PMI Purna untuk membangkitkan perekonomian Indonesia,” ungkap Erni.

Dalam pemaparan materi lebih lanjut, Erni menjelaskan tentang Kartu Prakerja ini hanya diberikan kepada masyarakat yang belum mendapatkan bantuan sosial dari Kementerian Sosial. Untuk mengetahui hal tersebut, peserta sosialisasi dapat melakukan pengecekan melalui website Data Terpadu Kesejahteran Sosial-Kementerian Sosial Republik Indonesia, di https://cekbansos.kemensos.go.id/?embedded=true#.

Banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan dan mencoba untuk melakukan pendaftaran Program Kartu Prakerja menunjukkan antusiasme dan respons baik dari para peserta.

“Di tengah lapangan kerja yang terbatas di Indonesia, ditambah lagi beberapa negara penempatan masih mengalami penutupan, Program Kartu Prakerja ini hadir sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan dan mengembangkan kewirausahaan bagi PMI, PMI Purna dan Keluarganya.” tutup Erni. ** (Humas/Pos Pelayanan BP2MI Sidoarjo)