Tuesday, 22 September 2020

Berita

Berita Utama

Pekerja Migran Penuhi Penerbangan Perdana dari Kuala Lumpur ke Bandara Internasional Yogyakarta

-

00.07 9 July 2020 651

Pekerja Migran Penuhi Penerbangan Perdana dari Kuala Lumpur ke Bandara Internasional Yogyakarta.

Yogyakarta, BP2MI (9/7/2020) – Penerbangan perdana maskapai Air Asia rute internasional dari dan ke Kuala Lumpur via Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), mengantarkan 81 Pekerja Migran Indonesia (PMI) dimana 9 orang diantaranya berasal dari Yogyakarta dan selebihnya dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, pada Rabu (8/7).

Sesuai protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19, para PMI yang baru tiba dari luar negeri harus melalui pemeriksaan kesehatan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sebanyak 95 % penumpang sudah dilengkapi dengan swab test, hanya ada 8 orang yang memiliki hasil rapid test. Untuk itu, dilakukan rapid test ulang bagi ke-8 orang tersebut oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di bandara. Hasilnya semua nonreaktif sehingga diperbolehkan pulang ke daerah asal.

“Dari keseluruhan PMI yang sudah melalui pemeriksaan kesehatan oleh Tim Gugus Tugas telah dinyatakan sehat dan dapat kembali ke daerah asal, namun tetap harus melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing. Dan setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan, UPT BP2MI Yogyakarta melakukan pendataan terhadap ke-81 PMI,” jelas Kepala UPT BP2MI Yogyakarta, Suparjo.

Sebelum kedatangan penerbangan perdana tersebut, turut dilakukan persiapan penanganan kedatangan penumpang dari luar negeri oleh instansi terkait. Hadir dalam acara tersebut. Kepala KKP Yogyakarta, Yoedy, Kepala UPT BP2MI Yogyakarta, Suparjo, Tim Gugus Covid-19 Provinsi DIY, dan Tim Angkasa Pura Bandara YIA.

Kepala UPT BP2MI Yogyakarta, Suparjo menyampaikan kesiapannya dalam mendukung pemantauan kedatangan PMI dan pendampingan bagi PMI bermasalah melalui pelayanan helpdesk UPT BP2MI Yogyakarta di terminal kedatangan Internasional Bandara YIA.**** (Humas/UPT BP2MI Yogyakarta)