Wednesday, 27 October 2021

Berita

Berita Utama

PELEPASAN PAHLAWAN DEVISA SEKTOR FORMAL ASAL PROVINSI SULAWESI TENGAH PASCA GEMPA

-

00.07 2 July 2019 1901

Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Dr. H. Hidayat Lamakarate, Kepala Disnakertrans Palu, Prov. Sulteng, Arnold Firdaus,   Ahmad Fauzi, Kepala

Palu, BNP2TKI (LP3TKI), (01/07) ____ “Percayalah dengan bekerja secara jujur, loyal dan disiplin maka anda semua yg bekerja di luar negeri sebagai duta Indonesia asal Provinsi Sulawesi Tengah akan mendapatkan kesuksesan besar. Cintai pekerjaan anda semua maka dimanapun anda berada akan selalu survive dan sejahtera”. Ungkapan Sekda Prov yang melecut semangat para PMI dalam kegiatan Pelepasan PMI.

Pelepasan Pahlawan Devisa asal Provinsi Sulawesi Tengah diinisiasi oleh Disnakertrans Prov. Sulteng dan Perwakilan BNP2TKI di daerah (LP3TKI Palu) dengan tujuan sebagai upaya pemerintah dalam mengatasi tingkat pengaguran dan pementasan kemiskinan, terutama pasca gempa yg telah memporakporandakan perekonomian provinsi sulawesi tengah, serta dorongan pemerintah daerah untuk menyebaruaskan informasi-informasi peluang kerja sektor formal kepada masyarakat luas.

Kedatangan Para PMI asal Sulawesi Tengah diterima langsung oleh Sekda Provinsi Sulteng di Kantor Gubernur. Jumlah PMI sebanyak 23 orang  akan bekerja di pengolahan kayu, kontruksi dan Clening Service di negara malaysia.

Dalam laporannya kadisnaker Prov. Sulteng mengatakan bahwa sepanjang 10 tahun terakhir jumlah PMI asal Sulteng sebanyak lebih dari 6000 orang yang masih didominasi sektor informal ke luar negeri dan terlihat pada setiap tahunnya 90% sektor pembantu rumah tangga masih menjadi pilihan terbanyak masyarakat sulteng. Akan tetapi pada tahun 2018 proporsi penempatan formal naik drastis sebanyak 43% dengan jumlah 336 dari 786 PMI.

Ditengah sambutanya Sekda Prov. Sulteng mengatakan bahwa banyak pemberitaan yang tidak baik yang bekerja di luar negeri sehingga menimbulkan rasa ketakutan dan keragu-raguan untuk orang-orang yang sebenarnya ingin sekali bekerja di luar negeri dan sangat membutuhkan pekerjaan. Padahal pada satu sisi banyak PMI yang berhasil tetapi jarang diekpose oleh media.  

“Berharap pmi yang akan diberangkatkan hari ini dapat menjadi pahlawan devisa yang sebenarnya dan mohon tunjukkan kepada dunia bahwa anak-anak Sulteng dapat bersaing dengan para tenaga kerja dari negara lainnya. “ tegas sekda prov sulteng dalam sambutannya.

Turut hadir dalam pelepasan PMI ini, Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Dr. H. Hidayat Lamakarate, Kepala Disnakertrans Palu, Prov. Sulteng, Arnold Firdaus,   Ahmad Fauzi, Kepala Bidang P5TKI Fatnini,  Kepala Cabang PT. Tri Tunggal Nuansa Primatama dan Kepala Cabang PT. Dasa Graha Utama  dan beserta jajaran LP3TKI Palu dan Disnakertrans Provinsi.**(Humas)