Wednesday, 22 September 2021

Berita

Berita Utama

Pos Pelayanan BP2MI Banyuwangi Kolaborasi Bersama Pemda Banyuwangi Selenggarakan Vaksinasi Bagi CPMI

-

00.08 3 August 2021 734

Pos Pelayanan BP2MI Banyuwangi Kolaborasi Bersama Pemda Banyuwangi Selenggarakan Vaksinasi Bagi CPMI

Banyuwangi, BP2MI (3/8) - Pos Pelayanan Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Banyuwangi menyelenggarakan program vaksinasi gratis untuk 38 orang Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) di wilayah Kabupaten Banyuwangi, pada Senin (2/7/2021) di Rumah Sakit Yasmin, Banyuwangi. Kegiatan ini merupakan bagian dari program nasional yang dicanangkan oleh Kepala BP2MI serta merupakan salah satu bukti kepedulian negara melalui BP2MI kepada CPMI yang akan ditempatkan untuk bekerja di luar negeri.

CPMI dengan berbagai negara penempatan seperti Korea Selatan, Hong Kong, dan Singapura telah memperoleh vaksin jenis Sinovac dosis pertama. Dalam kegiatan ini, Pos Pelayanan BP2MI Banyuwangi juga berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Banyuwangi, yakni Dinas Kesehatan, untuk terlibat bersama-sama dalam kegiatan ini.

CPMI mendapatkan informasi penyelenggaraan vaksinasi ini melalui spanduk yang dipasang di beberapa titik strategis dan juga media sosial. Lebih lanjut, CPMI mendaftar melalui formulir daring yang dikelola oleh Pos Pelayanan BP2MI Banyuwangi. PMI yang sudah terdaftar diajukan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi untuk dilakukan vaksinasi.

Koordinator Pos Pelayanan BP2MI Banyuwangi, Muhammad Iqbal, yang turut mengawal jalannya pelaksanaan vaksinasi menyatakan bahwa program vaksinasi ini merupakan rangkaian untuk mempersiapkan CPMI sebelum berangkat ke luar negeri, khususnya ke beberapa negara yang mewajibkan vaksin.

‘‘Dengan program vaksin ini, maka PMI kita persiapkan dengan sebaik-baiknya untuk menjawab tantangan di era pandemi ini. Harapan besarnya bahwa negara-negara luar bisa mengubah pemikirannya dan membuka jalan untuk PMI masuk ke negaranya,” ujar Iqbal.

Salah satu CPMI yang telah difasilitasi vaksinasi, Emilia, dengan negara tujuan Singapura, mengucapkan terima kasih kepada Pos Pelayanan BP2MI Banyuwangi.

“Saya bersyukur sudah dibantu untuk vaksin. Semoga dalam waktu dekat bisa segera berangkat,” kata Emilia.

Sementara itu, CPMI program penempatan G to G, Muhammad Akhid, mengaku vaksinasi yang difasilitasi BP2MI sangat membantu dirinya, terlebih untuk sedikit membuka jalan baginya untuk bisa berangkat bekerja di luar negeri.

“Vaksinasi ini sangat membantu saya. Harapannya, saya tahun ini bisa segera berangkat ke negara tujuan saya, yaitu ke Korea Selatan,” pungkas Akhid. * (Humas/Pos Pelayanan BP2MI Banyuwangi/RIK)