Wednesday, 22 September 2021

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi

Kepala Pusat Data Dan Informasi


Dr. Abd. Ghofar, S.Si., M.TI.

Lahir di Tegal, Jawa Tengah pada tanggal 16 Juni 1964. Menempuh pendidikan DIII Statistik di Akademi Ilmu Statistik Jakarta dan meraih gelar B.St. (Bachelor of Statistic) pada tahun 1986. Melanjutkan pendidikan S1 Statistika di IPB Bogor pada tahun 1991-1993. Menempuh pendidikan S2 Teknologi Informasi di Universitas Indonesia (UI) dengan gelar Magister Teknologi Informasi yang diraih pada tahun 2008. Serta melanjutkan pendidikan S3 Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia di Universitas Negeri Jakarta dengan gelar Doktor Ilmu Manajemen-MSDM yang diraih pada tanggal 29 Januari 2020.

Mengawali karir Pegawai Negeri Sipil sebagai sebagai programmer/pranata komputer di Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 1987. Pernah menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Program Terapan Statistik Neraca Nasional dan Keuangan BPS pada tahun 1994, sebagai Kepala Seksi Integrasi Program Statistik Produksi BPS pada tahun 1998. Tahun 2001 dipromosikan menjadi Kepala Bidang Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik BPS Provinsi Lampung, kemudian tahun 2006 kembali ke BPS pusat sebagai Kepala Subdirektorat Rujukan Statistik BPS.

Pada tanggal 15 Juni 2011 dipromosikan menjadi Kepala Pusat Data dan Statistik Pendidikan di Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas). Pada tahun 2014 mengambil jalur fungsional Dosen Sertifikasi Teknologi Informasi di Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) – BPS dan pada tanggal 7 Februari 2018 dipekerjakan di Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) yang sekarang bertransformasi menjadi BP2MI, sebagai Kepala Pusat Penelitian, Pengembangan dan Informasi (Pusat Data dan Informasi) hingga saat ini.

Atas pengabdian Beliau hingga saat ini, Presiden Republik Indonesia menganugerahkan penghargaan Satyalancana Karya Satya XXX tahun.