Wednesday, 22 September 2021

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi

Direktur Sistem Dan Strategi Penempatan Dan Pelindungan Kawasan Amerika Dan Pasifik


Dr. Servulus Bobo Riti, S.Pd., M.M.

Dilahirkan di Karuni, Sumba Barat Daya, NTT pada 23 Desember 1968. Bersaudara kandung delapan orang, Alm Ayahnya adalah Guru Sekolah Dasar  dan Ibunya sebagai petani yang tekun kerja untuk tambahan biaya pendidikan bagi generasinya. Menikah dengan Korry Nababan Riti, ASN di  Kemenk Bidang Perekonomian, dan sudah dikaruniai Tuhan Allah dengan dua orang anak yang masih duduk di SD. Kini tinggal di daerah Tangerang.

Tahun 1997 sebagai ASN Pusat di lingkup Perpusnas RI  ditempatkan di Kupang. Pasca otonomi daerah, tahun 1999-2005 menjadi ASN daerah dengan jabatan terakhir Kasubag Penyusunan Program di salah satu instansi Pemerintah Provinsi NTT. Pindah ke Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada tahun 2005  sebagai Analis Perjanjian Internasional. Pada Maret 2007 diperbantukan di BNP2TKI dengan jabatan Kepala Seksi  kerja sama luar negeri. Sejak 2008 sepenuhnya sebagai ASN di BNP2TKI. Memperoleh   Satyalencana Karya Satya X dan XX tahun pengabdian sebagai ASN. Tour of duty-nya meliputi bidang kerjasama luar negeri sebagai Kepala Seksi hingga jenjang Kasubdit (Maret 2007-Feb 2016), bidang perencanaan program sebagai Kabag Evaluasi dan Pelaporan (Feb-Agustus 2016),  bidang hubungan masyarakat merangkap Juru Bicara BNP2TKI (Juli 2016-Agustus 2018), bidang penelitian dan pengembangan sebagai Kabid (Agustus 2018-Januari 2019), dan sejak Januari 2019 mendapatkan promosi sebagai Direktur Sosialisasi dan Kelembagaan Penempatan BNP2TKI. Dan pada tanggal 16 Oktober 2020, beliau dilantik menjadi Direktur Sistem dan Strategi Penempatan dan Pelindungan Deputi Bidang Bidang Penempatan dan Pelindungan Kawasan Amerika dan Pasifik BP2MI hingga saat ini.

Menamatkan pendidikan SD Katolik Tambolaka Sumba tahun 1983, SMPN Laratama Sumba tahun 1986, SMA Swasta Diakui Manda Elu Sumba tahun 1989, non gelar jurusan Bahasa Inggris di IKIP Mataram Lombok 1989-1990, S1 Bahasa Inggris di FKIP Universitas Nusa Cendana Kupang tahun 1995, S2 Manajemen SDM di Universitas Katolik Widya Mandira Kupang tahun 2004, dan S3 Sosiologi Ekonomi di Universitas Indonesia tahun 2013 (dengan kekhususan migrasi internasional).  Beberapa kali sebagai penguji ahli calon Doktor Ilmu Kepolosian di Program Doktor Ilmu Kepolisian, STIK/PTIK Jakarta.

Dunia berorganisasi antara lain sebagai Wakil Sekjen DPP Komite  Nasional Pemuda Indonesia, Wakil Ketua Umum  Purna Pertukaran Pemuda Antar Negara, Pengurus Pusat Pemuda Katolik, Pengurus Pusat KMA-PBS, Pengurus Pusat Generasi Muda Kosgoro. Jauh sebelumnya, selama masih di NTT, sebagai  Wakil Ketua OSIS di SMP,  Ketua OSIS di SMA, Wakil Ketua Pemuda Katolik Komda NTT, Wakil Ketua Gema KOSGORO NTT, Wakil Ketua PCMI NTT, Penggagas dan Koordinator FORKOMPSUB Kupang, Penggagas GAMAL Kupang. Pada tahun 2012 menggagas dan mendirikan IKAL-SABDA Jabodetabek, sebuah paguyuban keluarga asal Kabupaten Sumba Barat Daya untuk misi sosial ekonomi dan budaya bagi warga asal Kabupaten SBD di Jabodetabek. 

Beliau juga merupakan alumni Pertukaran Pemuda ASEAN-Jepang atau SSEAYP tahun 1993, dan Canada World Youth Flores based tahun Oktober 1995-April 1996. Pernah mengikuti pelatihan bidang SDM di IAMR New Delhi India selama 3 bulan tahun 2005, sebagai anggota Tim Pengkaji Kota Terpadu Mandiri Depnakertrans RI untuk benchmark di Malaysia tahun 2005, peserta kursus diplomasi di IDIA Taiwan tahun 2012, peserta workshop IOM Korea di Seoul tahun 2016, pembicara di forum IOM Korea di Jakarta tahun 2017, pembicara di forum ILO Jakarta, pembicara di Fraksi Partai Hanura DPR RI tahun 2019. Hasil kajiannya tentang adat budaya Upacara Marapu di Sumba dimuat di Jurnal Kementerian Agama RI tahun 2015.

Vocal point bidang ketenagakerjaan pada Pertemuan Tingkat Menteri Luar Negeri antara Indonesia dan Kanada di Ottawa tahun 2013, dan Pertemuan Tingkat Menteri Luar Negeri antara Indonesia dan Selandia Baru di Auckland tahun 2014. Pernah menjadi anggota DelRI dalam beberapa forum baik yang dilaksanakan di dalam negeri maupun di luar negeri seperti IMTGT, IKCEPA, IAEPA, Pertemuan Bilateral Indonesia-Turki, Pertemuan Bilateral Indonesia-Australia, Pertemuan Bilateral Indonesia-Malaysia, Pertemuan Bilateral IETO-TETO.

Saat ini sedang berusaha untuk menyelesaikan penulisan buku pertamanya tentang  Jaringan Sosial PMI Asal NTT di Malaysia, Sejarah Masuk dan Asimilasi Tionghoa di Sumba. Beberapa kali menulis opini di media cetak lokal dan nasional dengan pendekatan sosiologis.