Monday, 28 September 2020

Program Prioritas Nasional

Upgrading Skill CTKI

Sinergitas Pelaksanaan Upgrading Skills BNP2TKI

-

00.11 27 November 2019 1478

Jakarta, BNP2TKI (27/11) BNP2TKI fokus dalam peningkatan kompetensi bagi Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI). Kegiatan Ini dilakukan  untuk mendukung program prioritas Percepatan Peningkatan Keahlian Tenaga Kerja baik di dalam negeri maupun diluar negeri.

Dalam rangka mempersiapkan CPMI sektor kesehatan yang ingin berkerja ke luar negeri, BP3TKI Padang  bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Padang membuka kelas pelatihan bahasa Jepang kepada alumni tenaga kesehatan khususnya tenaga keperawatan sejak bulan Juli 2019.

Mereka nantinya akan dilatih kompetensi bahasa Jepang selama 3 bulan. Kelas bahasa Jepang ini khusus untuk persiapan mengisi peluang G to G ke Jepang sebagai careworker  atau Nurse  yang dibuka BNP2TKI setiap tahunya. Bahasa Jepang yang merupakan sarat utama untuk bisa bekerja di Jepang, menjadi salah satu kendala bagi para lulusan keperawatan dan mengurungkan niat mereka untuk menjadi PMI ke Jepang.

Selain  berkerjasama dengan stakeholder terkait untuk peningkatan kompetensi CPMI, juga menyebarluaskan Informasi bagaimana Belajar Bahasa Jepang secara E-Learning melalui https://minato-jf.jp dan http://nihongodecarenavi.jp.  Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung pelajaran bahasa Jepang penutur asing yang akan berkerja di Jepang sebagai perawat atau caregiver (pekerja kaigo).

BNP2TKI juga berkerjasama dengan Forum Kursus Perhotelan-Kapal Pesiar Indonesia (FKPKPI) memberikan Informasi kepada Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) dibawah keanggotaanya sebanyak 120 LKP tentang Peraturan  Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No 15 th 2019 Tentang Petunjuk teknis bantuan pemerintah Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) tahun 2019/ Upgrading Skill untuk berkerja ke Luar Negeri.

Agar CPMI yang ingin berkerja ke luar negeri mendapatkan pemantapan   dasar   bahasa   negara  tujuan   yang    diselenggarakan sebelum mengikuti ujian sertifikasi kompetensi di Lembaga Sertifikasi terkait atau Lembaga Mandiri  yang  terakreditasi.  Pada  saat persiapan (pre departure), bagi Calon peserta yang berminat untuk meningkatkan kualifikasi dan  kompetensi melalui  pelatihan vokasi  di Negara  tujuan, agar  memiliki  keahlian tertentu, sebagai bekal  bekerja di dunia usaha dan   industri  di  Negara   tujuan,  di  Indonesia  dan   di  seluruh  dunia atau untuk mendapatkan kesempatan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi di Negara  tujuan. ***(Humas/Teguh)