Monday, 20 May 2024

Berita

Berita Utama

BP3MI Jawa Barat Ajak Pegawai Tingkatkan Pelayanan bagi Pekerja Migran

-

00.12 1 December 2023 592

BP3MI Jawa Barat Ajak Pegawai Tingkatkan Pelayanan bagi Pekerja Migran

Bandung, BP2MI (01/12) – Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia (Capacity Building) bagi seluruh pegawai di lingkungan BP3MI Jawa Barat di Ahadiat Hotel & Bungalow, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (1/12/2023) dan Sabtu (2/12/2023).

Kegiatan ini bertema Evaluasi dan Analisis Kinerja, serta Pembinaan Pegawai Petugas Verifikasi Dokumen. BP3MI Jawa Barat mengadakan kegiatan ini guna meningkatkan semangat dalam melaksanakan pekerjaan memberikan pelayanan yang prima kepada Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) akselerasi pelayanan penempatan dan pelindungan, serta meningkatkan rasa tanggungjawab dalam setiap pekerjaan dan teamwork secara terarah.

Kepala BP3MI Jawa Barat, Kombes Pol. Mulia Nugraha, menjelaskan bahwa kegiatan ini dikemas di alam terbuka (outbond) untuk melatih fisik, mental, dan disiplin untuk menghadapi berbagai rintangan, serta mencari solusinya. Menurutnya, berbagai rintangan tersebut sebenarnya adalah suatu latihan mengantisipasi berbagai persoalan yang kerap muncul dalam ruang lingkup organisasi.

“Capacity building ini fokus melatih pegawai agar terbiasa bekerja sama dalam tim, memupuk rasa solidaritas yang kuat, serta menumbuhkan rasa toleransi tinggi di antara mereka,” ujarnya.

Mulia berharap dalam kegiatan ini, pegawai membentuk suatu pribadi yang mandiri, tegar, serta meningkatkan kerja sama yang baik, demi terciptanya pelayanan yang prima kepada masyarakat, khususnya Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan keluarganya.

“Banyak manfaat yang dirasakan setelah dilakukan evaluasi, di antaranya adalah feedback pegawai yang menjadi dasar penentuan kebijakan BP3MI di tahun depan, meningkatnya produktivitas pegawai, pimpinan bisa lebih mengenal dan merasakan apa yang dialami pegawai, serta minimalisir kesalahpahaman atau perbedaan antara pimpinan-pegawai, maupun antar satuan kerja,” pungkas Mulia.

Sementara itu, Kabid Pentatrans Disnaker Provinsi Jawa Barat, Hendra Kusuma Sumantri, berharap melalui capacity building ini, agar para Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat memperkuat sinergi antar instansi.

“Semoga ke depan dan seterusnya, ada peningkatan dalam pelayanan serta pelindungan kepada masyarakat Jawa Barat, khususnya bagi Calon PMI (CPMI), Pekerja Migran Indonesia, maupun Keluarga mereka,” ungkap Hendra.

Sementara itu Kepala Sub Bagian Tata Usaha, M. Syachrul Afriyadi berharap kegiatan ini dapat meningkatkan etos kerja dan menciptakan budaya kerja yang positif dalam setiap unit kerja, sehingga seluruh tim dapat bersinergi dan berkolaborasi menghasilkan output pelayanan yang optimal, efektif, dan efisien.

“Kegiatan Capacity Building ini menyasar tiga ranah, yaitu kognitif, psikomotorik, dan afektif sehingga terjadi perubahan sikap dan nilai-nilai yang dimiliki masing-masing pegawai. Diharapkan setelah selesai dan kembali kepada unit kerja masing-masing, serta seluruh pegawai dapat menerapkan apa yang sudah didapatkan dari pelatihan ini untuk menciptakan organisasi yang solid dan tentunya membangun super team yang memiliki semangat melayani sepenuh hati dari ujung rambut ke ujung kaki kepada para Pekerja Migran Indonesia dan keluarganya,” tutup Syachrul. ** (Humas/BP3MI Jawa Barat)