Tuesday, 23 July 2024

Berita

Berita Utama

BP3MI Jawa Barat Dan Disnaker Kab. Indramayu, Bersinergi Untuk Memberikan Layanan Informasi Cepat Untuk PMI

-

00.05 15 May 2023 1645

BP3MI Jawa Barat Dan Disnaker Kab. Indramayu, Bersinergi Untuk Memberikan Layanan Informasi Cepat Untuk PMI

Indramayu, BP2MI (9/5) – Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Jawa Barat melakukan koordinasi ke Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Indramayu pada Rabu (10/5/2023). Koordinasi ini terkait monitoring  Pelayanan Lembaga Penempatan dan Lembaga Pendukung Penempatan Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) dan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di wilayah Kabupaten Indramayu.

Dalam kunjungan ini, Kepala BP3MI Jawa Barat, Kombes Pol. Mulia Nugraha, disambut langsung oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Indramayu, Erpin Marpinda, serta Kepala Bidang Pelatihan Kerja, Citra Wulandari, beserta staf Pengantar Kerja Ahli Muda, Sukirman, dan Analis Bahan Penempatan Tenaga Kerja, Abdul Rojak.

“koordinasi dengan stakeholders terkait merupakan peran penting dibutuhkan sebagai dasar dari suatu pondasi yang kuat, yang harus dibangun secara bersama. BP3MI Jawa Barat akan terus memonitoring terkait perkembangan informasi mengenai layanan Lembaga pendukung penempatan yang ada di wilayah Jawa Barat, oleh karena itu kami membutuhkan data pendukung mengenai informasi lembaga pendukung penempatan yang masih aktif, data tersebut dibutuhkan untuk pembaharuan data pada database yang ada di sistem layanan kami.” ujar Kepala BP3MI Jawa Barat, Kombes Pol Mulia Nugraha.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Sub-Bagian Tata Usaha BP3MI Jawa Barat, M. Syachrul Afriyadi, atas pentingnya pembaharuan informasi mengenai Lembaga pendukung penempatan PMI dikarenakan informasi tersebut merupakan Langkah awal yang aman untuk menghindari PMI dari keberangkatan nonprosedural, “mengikuti perkembangan era digital yang semakin meningkat, Kami sudah berusaha menyediakan inovasi layanan publik khusus PMI dan keluarga yang berupa aplikasi berbasis android yang dapat diunduh secara gratis di playstore dan aplikasi berbasis web yang bisa diakses multi platform secara cepat dan user friendly, kami berharap masyarakat Indramayu khususnya PMI dan Keluarga yang membutuhkan layanan informasi mengenai penempatan dan pelindungan PMI, bisa menggunakan aplikasi layanan yang telah kami buat dengan semestinya.” Tambah Syachrul.

Lebih lanjut, Kepala Disnaker Kab. Indramayu, Erpin memberikan semua data pendukung yang dibutuhkan oleh BP3MI Jawa Barat, Disnakers Kab. Indramayu siap bersinergi dengan BP2MI dan BP3MI Jawa Barat dan instansi lainnya yang berkaitan, untuk memenuhi amanat dari UU No 18 tahun 2017. “kami akan terus menjalin komunikasi dan membentuk sinergitas yang berkesinambungan dalam pelayanan penempatan dan perlindungan bagi Pekerja Migran Indonesia.” pungkas Erpin.* (Humas/BP3MI Jawa Barat/RS)