Wednesday, 19 June 2024

Berita

Berita Utama

BP3MI Kaltara Apresiasi TNI AL Cegah Penempatan Ilegal Sembilan PMI ke Malaysia

-

00.05 8 May 2023 706

BP3MI Kaltara Apresiasi TNI AL Cegah Penempatan Ilegal Sembilan PMI ke Malaysia

Nunukan, BP2MI (07/05) -  Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Kalimantan Utara (Kaltara) memberikan apresiasi kepada TNI AL atas   keberhasilannya mencegah penempatan ilegal sembilan Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) ke Malaysia di perairan Sebatik, Sabtu (6/5/2023). 

Kepala BP3MI Kaltara, Kombes Pol F Jaya Ginting, mengatakan Danlanal Nunukan, Letkol Laut (P) Arief Kurniawan Hertanto bersama Tim Satgas Intelmar LANTAMAL XIII Tarakan telah berhasil mencegah sembilan CPMI yang menjadi korban sindikat penempatan ilegal ke Malaysia. Danlanal  juga berhasil mengamankan seorang tekong bersama motoris speedboat. 

Ginting menjelaskan para CPMI ini berasal dari Sulawesi Selatan yang terdiri dari Enam orang Laki-laki dan tiga orang perempuan. Pihaknya akan segera memproses penyerahan Sembilan  CPMI, serta tekong yang memfasilitasi pemberangkatan mereka.

Butuh tindakan hukum tegas,  bagi tekong atau calo, karena mengambil keuntungan dari penempatan ilegal PMI. "Ini merupakan kejahatan kemanusian Kita bisa katakan tekong itu penjahat kemanusiaan harus dihukum agar menjadi efek jera,’’ kata Ginting. **(Humas/BP3MI Kaltara)