Thursday, 9 December 2021

Berita

Berita Utama

Dorong Peningkatan Pelayanan dan Pelindungan WNI di Luar Negeri, Kemenlu Kunjungi Shelter Pos Pelayanan Kepulangan PMI di Soekarno-Hatta

-

00.11 9 November 2021 279

Dorong Peningkatan Pelayanan dan Pelindungan WNI di Luar Negeri, Kemenlu Kunjungi Shelter Pos Pelayanan Kepulangan PMI di Soekarno-Hatta

Serang, BP2MI (9/11) - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) yang diwakili oleh Tim Direktorat Pelindungan Warga Negara Indonesia (PWNI) yang dipimpin oleh Fungsional Diplomat Muda pada Sekretariat Direktorat Jenderal Protokol dan Konsuler, Nurul Dewi Saraswati, mengunjungi Shelter Pos Pelayanan Kepulangan Pekerja Migran Indonesia (P2KPMI) Bandara Soekarno Hatta untuk meninjau fasilitas serta melakukan wawancara dengan pengelola dan PMI yang berada di Shelter pada Minggu (7/11/2021).

Tujuan kedatangan Tim PWNI ini sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan pedoman mengenai standar pengelolaan fasilitas Shelter pada perwakilan Republik Indonesia (RI) di luar negeri. Pedoman tersebut rencananya akan membahas aspek legalitas atau dasar hukum, infrastruktur atau fasilitas fisik, dukungan anggaran dan Sumber Daya Manusia (SDM), standar pelayanan, serta aspek terkait lainya dalam pengelolaan shelter.

Dalam kunjunganya tim PWNI meninjau fasilitas fisik di shelter P2KTKI di antaranya tempat tidur, kamar mandi, ruang makan dan lain-lain. Selain itu tim PWNI juga memberikan beberapa pertanyaan kepada pengelola dan PMI yang berada di shelter di antaranya kriteria yang digunakan untuk menerima Pekerjaan Migran Indonesia Terkendala (PMIT), Standar Operasional Prosedur (SOP) pengelolaan shelter, pelayanan dasar yang diberikan kepada penghuni shelter, jumlah SDM pengelola shelter, kriteria Infrastruktur dalam pengembangan shelter, tantangan dan kesulitan yang dihadapi pengelola shelter dalam penyelesaian kasus WNIB serta cara mengatasinya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Wilayah Banten, Joko Purwanto, yang menyambut kedatangan dari Tim PWNI mengatakan, UPT BP2MI Wilayah Banten siap memberikan pelayanan terbaik untuk PMI.

“Saya selalu memastikan bahwa petugas kami selalu stand by 24 jam di shelter untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para PMI yang ada di shelter kami, mulai dari makan, minum, dan juga membantu memfasilitasi kepulangan mereka ke daerah asalnya. Kami juga selalu memastikan kebersihan shelter untuk memastikan kenyamanan PMI,” ungkap Joko.

Shelter P2KTKI merupakan salah satu kantor pelayanan UPT BP2MI Serang yang terletak di Kompleks Grand Boulevard Duta Garden, Kota Tangerang yang berfungsi sebagai tempat transit atau istirahat bagi PMI yang baru tiba dari luar negeri untuk pulang ke daerah asalnya. Selain itu, shelter P2KTKI juga memberikan pelayanan bagi PMI yang bermasalah.

Adapun Tim PWNI Kementerian Luar Negeri ini berjumlah sembilan orang, di antaranya Staf Direktorat PWNI, Tim Peneliti Universitas Hang Tuah Surabaya, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Universitas Bhayangkara Surabaya, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dan tim konsultan PT Mahatma Jaya Mulya. * (Humas/UPT BP2MI Serang/NAA/RKA)