Monday, 28 November 2022

Berita

Berita Utama

Dorong Terbentuknya Fasilitas VVIP Untuk PMI, BP3MI Bali Kunjungi Imigrasi Ngurah Rai dan Angkasa Pura I

-

00.09 6 September 2022 360

Dorong Terbentuknya Fasilitas VVIP Untuk PMI, BP3MI Bali Kunjungi Imigrasi Ngurah Rai dan Angkasa Pura I

Denpasar, BP2MI (6/9) - Untuk mewujudkan terbentuknya fasilitas VVIP bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI), Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Bali melakukan kunjungan ke Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai dan PT. Angkasa Pura I pada hari Senin, 5 September 2022. Kunjungan tersebut dilakukan langsung oleh Kepala BP3MI Bali, A.A.Gde Indra Hardiawan, dengan didampingi Ni Putu Ayu Saraswati selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha  dan Kadek Agus Arnawa selaku analis tenaga kerja. BP2MI sedang mengupayakan penyediaan fasilitas VVIP yaitu lounge dan jalur khusus bagi PMI atau fast track.

Menanggapi perihal permohonan jalur khusus bagi PMI, Baron Perkasa Putra, Kepala Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi, mengatakan pihaknya akan memaksimalkan penggunaan dari jalur khusus WNI.

“Jadi nanti bisa ditambahkan semacam banner atau petunjuk lain yang menyatakan jalur tersebut dapat dilalui oleh PMI. Kita juga bisa menambahkan prosedur kepulangan yang benar, seperti himbauan agar PMI melapor ke pos milik BP3MI Bali di bandara. Kalau untuk membuat jalur tersendiri, kendalanya adalah volume WNI di bagian kedatangan sangat kecil sehingga akan tidak efektif. WNA yang melewati jalur pemeriksaan paspor mencapai 13 ribu orang per hari, sementara WNI termasuk juga PMI hanya 300 orang,” papar Baron.

Sementara itu, Mengenai pembentukan lounge, perwakilan PT. Angkasa Pura I, Purna Irawan, menyatakan bahwa terdapat opsi penggunaan ruangan kosong sebagai lounge di sebelah terminal keberangkatan internasional A B, tepat sebelum pintu check in. “Kalau untuk mendirikan lounge baru di bagian dalam terminal, kami rasa akan sulit karena terbatasnya ruangan yang dapat dimanfaatkan,” jelas Purna.

A.A Gde Indra Hardiawan, Kepala BP3MI Bali menginginkan pihak Angkasa Pura 1 dan Imigrasi dapat membantu mengupayakan fasilitas ini. "Kami berharap pihak Angkasa Pura I dan Imigrasi Ngurah Rai dapat memfasilitasi pembentukan lounge dan jalur khusus bagi PMI. Apalagi, PMI sebagai pahlawan devisa memang layak mendapatkan penghargaan berupa fasilitas VVIP,"

Harapannya, fasilitas khusus ini dapat diresmikan pada tanggal 18 Desember 2022 pada hari International Migrants Day sebagai tanda apresiasi bagi para pahlawan devisa. ***(HUMAS)