HELPDESK BNP2TKI Bantu Pemulangan 82 PMI B dari Malaysia
-
Tangerang, BNP2TKI, (15/05) – Satuan tugas (Satgas) Citizen Service Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur memulangkan sebanyak 82 orang Pekerja Migran Indonesia Bermasalah (PMI-B) tidak berdokumen dari Depot Tahanan Imigrasi Machap Umbo Malaysia.
Para PMI-B tersebut tiba pada Selasa 14 Mei 2019 di Help Desk BNP2TKI Terminal 3 Bandara Soekarno–Hatta Tanggerang Banten.
Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan BP3TKI Serang, Bajongga Aprianto mengatakan dari 82 orang PMI tersebut dipulangkan dalam 2 Kelompok penerbangan. Kelompok penerbangan pertama berjumlah 38 orang PMI B dan 2 anak-anak dengan GA 821 ETD KUL dan tiba di Bandara Soekarno Hatta pukul 14.00 WIB, sedangkan kelompok kedua sebanyak 42 orang PMI B dengan Citilink QG529 ETD KUL tiba pukul 16.40 WIB.
“Dari 82 orang yang PMI B yang dipulangkan 1 orang PMI B asal Lampung dalam kondisi sakit dan akan dirujuk ke Rumah Sakit POLRI. Umumnya PMIB tersebut dipulangkan dari Malaysia karena tidak memiliki dokumen resmi sebagai tenaga kerja di negeri jiran itu," ujarnya.
Jongga menyebutkan dengan adanya help desk di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta dapat membantu mengatasi PMI yang pulang melalui terminal 3 yang memiliki masalah. Helpdesk ini baru beroperasi sebulan (terhitung sejak April 2019) dan telah melayani pemulangan sebanyak 300-an PMI-B. Helpdesk ini sendiri akan difungsikan sebagai ruang pengaduan PMI yang bermasalah seperti PMI sakit, gaji tak dibayar, dan sebagainya.
Sementara itu Ina PMI asal Flores Timur NTT mengucapkan terimakasih kepada pemerintah khususnya BNP2TKI yang telah membantu memulangkan sampai daerah, Dia juga menghimbau kepada teman-teman PMI jadilah PMI yang prosedural, jangan seperti saya bekerja di Malaysia tanpa dokumen, ungkapnya. ****(Humas)