Wednesday, 19 June 2024

Berita

Berita Utama

Jajaki Kerja Sama Pelatihan SDM Berdaya Saing, BP2MI Terima Audiensi BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata

-

00.03 14 March 2023 807

Jajaki Kerja Sama Pelatihan SDM Berdaya Saing, BP2MI Terima Audiensi BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata

Jakarta, BP2MI (14/3) – Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) terima audiensi dengan Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Bisnis dan Pariwisata Depok, di Kantor BP2MI Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2023).

Kepala BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata, Sabli, memperkenalkan diri secara kelembagaan bahwa BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata dibawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud) mempunyai tujuan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) instruktur, guru, atau pengajar yang kompeten.

“Tujuan kami audiensi hari ini karena BP2MI mempunyai reputasi yang dekat dengan pelatihan keahlian untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI). Dengan fasilitas yang memadai dan kurikulum sesuai standar nasional, kami percaya diri dapat menjalin kerja sama dengan BP2MI,” ungkapnya kepada para jajaran BP2MI.

Sabli lanjut memaparkan, bidang pendidikan yang dimiliki BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata antara lain, Bisnis dan Pemasaran, Pekerjaan Sosial, Usaha Perjalanan Wisata, Akomodasi Perhotelan, Tata Boga, Tata Busana, Tata Kecantikan, Teknologi Pendidikan, Administrasi Perkantoran, dan Administrasi.

“Sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional 2020-2024, BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata diarahkan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang mandiri, maju, adil dan makmur, melalui percepatan pembangunan dengan menekankan terbangunnya struktur perekonomian yang kokoh berlandaskan keunggulan kompetitif yang didukung oleh SDM berkualitas dan berdaya saing,” pungkas Sabli.

Kepala BP2MI, Benny Rhamdani mengapresiasi BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata, yang telah berkolaborasi dalam Orientasi Pra Pemberangkatan (OPP) selama ini. Ia turut mengakui bahwa BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata telah membuktikan kompetensinya dalam memfasilitasi pelatihan.

“Pasca Covid, industri bidang pariwisata kembali bangkit, terutama di bidang hospitality kapal pesiar. Otomatis pelatihan bidang pariwisata juga ikut naik. Karena BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata menyelenggarakan pelatihan untuk instruktur, guru, dan pengajar, bukan kepada peserta langsung, maka mohon dibuat skema kerjasamanya, kami yakin kerja sama ini dapat melahirkan manfaat besar untuk PMI,” tutup Benny. 

Turut hadir pada audiensi, Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia BP2MI, Firdaus Zazali; Kepala Pusat Data Dan Informasi, Yana Anusasana; serta Direktur Sistem Dan Strategi Penempatan dan Pelindungan Kawasan Eropa dan Timur Tengah, Dr. Abd. Ghofar, untuk memandu para jajaran BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata mengunjungi Command Center BP2MI. (Humas/MIT/BJG)