Sunday, 24 January 2021

Berita

Berita Utama

Kerja Sama dengan Yayasan Dompet Dhuafa, BP2MI Fasilitasi Kepulangan 9 Jenazah Pekerja Migran

-

00.06 20 June 2020 621

Kerja Sama dengan Yayasan Dompet Dhuafa, BP2MI Fasilitasi Kepulangan 9 Jenazah Pekerja Migran

Jakarta, BP2MI (20/6) - Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) memfasilitasi kepulangan sembilan jenazah Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Malaysia yang tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jumat (19/6/2020). Jenazah PMI ini tiba menggunakan pesawat Malaysia Airlines MH 732.

Pemulangan jenazah PMI tersebut difasilitasi oleh BP2MI bekerjasama dengan Yayasan Dompet Dhuafa ke daerah asal dengan rincian tujuan  penghantaran yakni 1 jenazah ke Kabupaten Mesuji Lampung dan 7 jenazah ke Jawa Timur (2 Bangkalan, 3 Sampang, 1 Pamekasan, 1 surabaya, dan 1 Panarukan). 

Kepala BP2MI, Benny Rhamdani, mengucapkan bahwa fasilitasi kepulangan jenazah merupakan salah satu wujud pelindungan PMI.

"Sebagai wujud hadirnya negara dalam melindungi PMI, maka BP2MI melakukan pengantaran jenazah PMI sampai di kampung halamannya," ungkap Benny.

Selaras dengan itu, Direktur Pemberdayaan BP2MI, A. Gatot Hermawan, turut menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Yayasan Dompet Dhuafa yang bersedia ikut terlibat dalam pelindungan pekerja migran, dalam hal ini dengan turut menyediakan fasilitas ambulans untuk kepulangan jenazah PMI ke daerah asal.

"Dalam pemulangan jenazah PMI kali ini, BP2MI menyediakan lima ambulans, dan Yayasan Dompet Dhuafa menyediakan empat ambulans. Ini memang merupakan tugas BP2MI, namun dengan dukungan dan peran serta masyarakat, lembaga, maupun swasta seperti ini tentunya pelindungan Pekerja Migran Indonesia akan semakin terwujud. Fasilitasi ini merupakan salah satu wujud dari pelayanan PMI sebagai warga negara VVIP dengan memfasilitasi pengantaran sampai ke rumah tempat tinggal PMI tersebut," ujar Gatot.

Ditambahkan Gatot, bahwa 9 jenazah ini merupakan sebagian dari 33 Jenazah PMI yang akan dipulangkan dari Malaysia yang sebelumnya terkendala kepulangannya karena pandemi Covid-19 dan kebijakan pemerintah Malaysia terhadap pembatasan penerbangan.

Di samping itu, General Manager Pengurangan Risiko Bencana DMC Dompet Dhuafa, M.N Awaluddin, yang ikut serta dalam penerimaan 9 jenazah PMI ini menyatakan bahwa Yayasan Dompet Dhuafa sangat senang dapat berpartisipasi dalam pengantaran jenazah PMI dengan bekerjasama dengan BP2MI ini.

"Hal ini memang merupakan salah satu program Yayasan Dompet Dhuafa yang dipersembahkan bagi kaum mustahik atau dhuafa. Semoga kerja sama ini dapat membawa manfaat bagi PMI dan keluarganya," kata Awaluddin.

Turut hadir dalam kegiatan ini, perwakilan dari Yayasan Dompet Dhuafa, P. Awaludin dan Ustadz Roy Barzah, serta perwakilan dari Unit Pelayanan Teknis (UPT) BP2MI Serang. ** (Humas/Dit.PB)