Tuesday, 7 July 2020

Berita

Berita Utama

UPT BP2MI Makassar Fasilitasi Pemulangan PMI ke Poso Sulteng

-

00.05 20 May 2020 185

UPT BP2MI Makassar Fasilitasi Pemulangan PMI ke Poso Sulteng

Makassar, BP2MI (20/5) – UPT BP2MI Makassar memfasilitasi pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Selvian Topahe asal Poso Sulawesi Tengah yang tiba di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar,  Rabu (20/05/2020). Selvian Topahe merupakan PMI yang  bekerja di Singapura dan telah menyelesaikan kontrak kerjanya sebagai Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT).

Selvian terbang ke Makassar setelah sebelumnya berada di shelter PMIB di Batam selama kurang lebih dua pekan karena tidak dapat langsung pulang ke kampung halamannya akibat  imbas dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)  Covid-19.

Selvian sebelumnya telah mengikuti Protokol Kesehatan Pemulangan PMI pada Masa Pandemi Covid-19 di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Batam dan hasilnya menunjukkan Non-Reaktif. Kedatangannya disambut oleh Kepala Seksi Perlindungan UPT BP2MI Makassar, Purworini Indah Setyasih. Selanjutnya didampingi ke KKP Bandara untuk kembali melakukan pengecekan fisik serta pendataan.

Setelah melalui protokol Kesehatan Covid-19, selanjutnya Selviana diizinkan oleh pihak KPP Bandara Makassar untuk pulang ke kampung halaman dan menjalankan karantina mandiri selama 14 hari. Namun, karena tidak ada transportasi melalui jalur udara dari Makassar ke Palu, maka pihak UPT BP2MI Makassar memfasilitasi pemulangan Selvian ke Poso, Sulawesi Tengah, menggunakan jalur transportasi darat via bus antarprovinsi.** (Humas/UPT BP2MI Makassar/Nila)