Thursday, 24 June 2021

Berita

Berita Utama

UPT BP2MI Medan Adakan Dialog Interaktif Bersama PMI Purna Sukses Berbisnis Jamur

-

00.03 25 March 2021 440

UPT BP2MI Medan Adakan Dialog Interaktif Bersama PMI Purna Sukses Berbisnis Jamur

Medan, BP2MI (25/3) – Unit Pelaksana Teknis Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (UPT BP2MI) Medan meningkatkan kinerja dengan mengangkat kisah tentang Pekerja Migran Indonesia (PMI) purna yang sukses berbisnis jamur di daerah Kisaran Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, Kamis (25/3/2021) melalui dialog interaktif secara langsung di akun Facebook dan Instagram UPT BP2MI Medan. 

Dialog interaktif yang bertemakan “Makmur Karena Jamur” ini membahas mengenai kisah PMI Sukses, Ahmad Rofi’i B. Khasani Yusuf, yang sukses dengan membuka bisnis budidaya jamur. Awalnya Rofi’i menjadi PMI di Malaysia. Ketika bekerja, ia memanfaatkan kesempatan untuk mengikuti Kursus Budidaya Jamur di Citra Mushroom Resources Kapar, Klang, Selangor pada tahun 2008. Sekembalinya ke Indonesia, Rofi’i pun merintis usaha budidaya jamur dan memperkenalkan jamur kepada masyarakat khususnya di Kota Kisaran.

Seiring berjalannya waktu, ia mengembangkan usaha jamurnya dengan membuka “Rumah Jamur” yang bergerak di bidang makanan. Ia juga membuka tempat pelatihan bagi masyarakat yang ingin belajar mengenai budidaya jamur. Selain itu, ia juga menceritakan tentang pengalaman ketika menjadi PMI di Malaysia.

Kegiatan ini merupakan dialog interaktif pertama yang dilakukan oleh UPT BP2MI Medan dan direncanakan akan terus berlanjut dengan mengangkat kisah PMI sukses lainnya di wilayah Sumatera Utara. 

Kepala UPT BP2MI Medan, Syahrum, mengharapkan kegiatan kisah PMI ini juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya bagi PMI atau Calon PMI agar terinspirasi membuka usaha ketika kembali ke Indonesia, terlebih di tengah situasi perekonomian yang menurun akibat pandemi Covid-19 yang belum berakhir. *** (Humas/UPT BP2MI Medan)