Wednesday, 21 October 2020

Berita

Berita Utama

Atasi Permasalahan Penempatan dan Pelindungan PMI asal Bali, AP3MI Bali Dibentuk

-

00.10 11 October 2020 131

Atasi Permasalahan Penempatan dan Pelindungan PMI asal Bali, AP3MI Bali Dibentuk.

Denpasar, BP2MI (11/10) - Proses penempatan dan pelindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) merupakan proses kompleks yang mencakup pra, masa, dan purna penempatan, yang melibatkan pemerintah serta Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI). 

Dalam rangka mengantisipasi melonjaknya permintaan PMI dari user di luar negeri dan mengatasi problematika penempatan dan pelindungan PMI asal Bali, maka dibentuklah Asosiasi Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia Bali (AP3MIB).

Peresmian pembentukan AP3MIB dilaksanakan pada Sabtu (10/10/2020) di Aula PT. Bali Paradise Citra Dewata Jalan Teuku Umar Barat Denpasar, yang dilanjutkan dengan pengesahan pengurus AP3MIB masa bakti 2020 s.d. 2022. Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan P3MI yang berdomisili di Bali, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan ESDM Provinsi Bali Ida Bagus Ngurah Arda dan Kepala UPT BP2MI Denpasar Wiam Satriawan.                
   
“Pendirian AP3MIB ini dimaksudkan untuk memperkuat eksistensi P3MI dalam menempatkan PMI asal Bali yang setiap tahunnya cenderung meningkat. Harapan saya ke depannya, asosiasi ini bisa menjadi wadah yang mempersatukan semua kegiatan dan penyelesaian masalah secara bersama layaknya sebuah P3MI besar, istilah kerennya AP3MIB incorporated. Dengan slogan BALI MANTAP yang merupakan singkatan dari 'berangkat aman dan terlindungi melalui penempatan prosedural', AP3MIB menjadi garda terdepan dalam memerangi penempatan nonprosedural," kata Wiam.

Acara deklarasi diawali terlebih dahulu dengan pembahasan rumusan AD RT yang kemudian disahkan dengan ditandatanganinya rumusan menjadi AD ART oleh tim karteker yang diketuai oleh Delly Yusar. 

Selanjutnya, dilaksanakan pengukuhan pengurus AP3MIB dimana yang terpilih sebagai ketua asosiasi adalah Kadek Hendra Juli Hartawan. Posisi wakil ketua dijabat oleh Ida Bagus Mahendra Putra didampingi Wiwin Setyowati sebagai sekretaris dan Made Retiasih sebagai bendahara. Untuk Divisi Hukum diisi oleh I Putu Pastika Adnyana dan I Nengah Yasa Adi Susanto. Sedangkan Divisi Land Base dipegang oleh l Made Sarjana dan divisi Sea Base dipegang oleh Dewa Mahaputra. *** (Humas/UPT BP2MI Denpasar_ayu)