Monday, 15 April 2024

Berita

Berita Utama

Awali Semangat Pelayanan Awal Tahun, BP3MI NTT Gelar OPP untuk 34 CPMI Malaysia

-

00.01 10 January 2023 870

Awali Semangat Pelayanan Awal Tahun, BP3MI NTT Gelar OPP untuk 34 CPMI Malaysia

Kupang, BP2MI (6/1) – Mengawali semangat pelayanan pada awal tahun 2023, Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar Orientasi Pra Pemberangkatan (OPP) perdana pada tahun 2023 kepada 34 Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI).

Digelar di Aula BP3MI NTT, Jumat (6/1), Kepala BP3MI NTT, Siwa menjelaskan bahwa para CPMI yang mengikuti kegiatan OPP tersebut secara otomatis telah dan akan mendapat pelindungan.

“Dengan mengikuti OPP, secara otomatis para CPMI telah dan akan mendapat pelindungan, baik sebelum bekerja, selama bekerja, maupun setelah bekerja, seperti telah dilaksanakan tahun sebelumnya,” ujar Siwa.

Siwa melanjutkan, para PMI yang diberangkatkan secara nonprosedural, dipastikan tidak mendapatkan OPP. Hal ini berakibat dengan munculnya masalah yang terus terjadi menimpa pekerja migran asal Provinsi NTT. 

“Mengingat pentingnya fungsi OPP, maka kami mengajak para Pencari Kerja yang ingin menggunakan haknya untuk bekerja ke luar negeri, agar mengikuti jalur resmi karena kegiatan tersebut adalah wajib bagi penempatan secara legal,” imbuhnya.

Para CPMI yang mengikuti kegiatan tersebut akan ditempatkan dengan skema Private to Private (P to P) oleh enam Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI), yang telah memenuhi syarat sebagai pelaksana penempatan PMI.

Diketahui, para CPMI tersebut akan ditempatkan ke Malaysia oleh PT. Falia Sinatrya Sejati, PT. Gasindo Buala Sari, PT. Bukit Mayak Asri, PT. Anugerah Diantas, PT. Sriti Rukmana Lestari, serta PT. Genta Karya Sejahtera. **(Humas/BP3MI NTT)