Saturday, 21 September 2024

Berita

Berita Utama

Bahas Pos Migran Indonesia, BP3MI Lampung Kunjungi PT Pos Indonesia Bandarlampung

-

00.09 16 September 2022 681

Bahas Pos Migran Indonesia, BP3MI Lampung Kunjungi PT Pos Indonesia Bandarlampung

Bandarlampung, BP2MI (15/9) - Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Lampung melakukan kunjungan ke PT Pos Kantor Cabang Utama Bandarlampung, Rabu (14/9/2022). 

Kunjungan tersebut dalam rangka penguatan sinergi dalam implementasi 9 Program Prioritas Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), khususnya pemberdayaan ekonomi dan sosial bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan keluarganya, baik di dalam maupun di luar negeri.

Kepala BP3MI Lampung, Ahmad Salabi, melihat kilas balik pada tahun lalu, BP2MI dan PT Pos Indonesia (Persero) telah menjalin nota kesepahaman, serta perjanjian kerja sama yang ditandangani bahkan sejak 2020. Oleh karena itu, demi berjalannya program yang dimaksud, haruslah mendapat dukungan dari daerah sebagai pelaksana.

“Untuk mempermudah layanan kepada PMI, BP2MI bersama PT Pos Indonesia telah meluncurkan Pos Migran Indonesia pada 6 April 2021 lalu,” ungkap Salabi mengawali pembicaraan.

Salabi berharap inovasi ini dapat mempermudah calon PMI untuk mendapatkan informasi penempatan PMI ke luar negeri, memangkas praktik-praktik percaloan melalui jaringan PT Pos di seluruh Indonesia.

“Pos Migran Indonesia memiliki berbagai fitur layanannya, termasuk layanan pengiriman uang yang mudah, murah, dan cepat akan sangat membantu PMI dalam mengirimkan remitansi ke keluarganya di Indonesia,” terangnya.

Sejalan dengan pernyataan Kepala BP2MI, Benny Rhamdani, pada saat peluncuran Pos Migran Indonesia, bahwa PT Pos Indonesia sebagai Badan Usaha Milik Negara memiliki fungsi strategis, terutama dalam memberikan pelayanan pos hingga ke desa-desa di seluruh pelosok Indonesia. 

Pada saat itu, Benny menambahkan bahwa jaringan PT Pos yang luar biasa luas, bahkan hingga ke kecamatan-kecamatan, menjadikan 4.567 Kantor Pos sangat berpotensi sebagai mitra BP2MI terutama di daerah kantong PMI.

“Selain memberikan layanan informasi penempatan yang benar dan prosedural, layanan ini bisa mencegah Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), dan sindikat calo yang kerap menghantui, memupus, bahkan membajak mimpi-mimpi indah calon PMI untuk dapat merdeka, berdaya, dan sejahtera,” tutur Benny pada saat itu.

Executive General Manager PT Pos Kantor Cabang Utama Bandarlampung, Risdayati, menerima dan menyambut baik kunjungan dari jajaran BP3MI Lampung. Risdayati menyatakan bahwa layanan Pos Migran Indonesia ini sangat membantu mempermudah para PMI. 

“Jumlah kantor Pos Indonesia yang banyak, dan hampir tersebar disetiap Kecamatan, tentu sangat membantu PMI. PT Pos Indonesia sangat intens menyiapkan program dan layanan Pos Migran Indonesia ini,” pungkas Risdayanti. ** (Humas/BP3MI Lampung/ASBGumay)