Wednesday, 27 October 2021

Berita

Berita Utama

BP2MI Kembali Fasilitasi Pemulangan Pekerja Migran ABK dari Suriname dan Panama

-

00.09 20 September 2021 192

BP2MI Kembali Fasilitasi Pemulangan Pekerja Migran ABK dari Suriname dan Panama

Jakarta, BP2MI (20/9) – Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) menyambut kepulangan 12 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Suriname dan Panama di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (20/9/2021). Penyambutan ini dipimpin Koordinator Pemberdayaan, Fasilitasi, Rehabilitasi, dan Reintegrasi Kawasan Amerika dan Pasifik BP2MI, Soleh Hidayat beserta tim dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) BP2MI Serang.

Dari 12 PMI tersebut, empat orang adalah Anak Buah Kapal (ABK) dari Suriname dan tujuh orang ABK dari Panama. Sebanyak 11 ABK sebelumnya bekerja di perusahaan Gilontas Ocean Panama S.A. dan telah menyelesaikan masa kontrak kerja. Namun ada yang masih mengalami permasalahan, yaitu sebagian gaji yang belum dibayarkan dan pemulangan uang jaminan. Sementara itu, seorang PMI lainnya merupakan pemulangan dari Guyana yang transit melalui Suriname. Ia bekerja di perusahaan Demarara Timbers Ltd. yang juga telah selesai masa kontrak kerjanya.

“Direktorat Pelindungan dan Pemberdayaan Kawasan Amerika dan Pasifik BP2MI akan selalu melakukan pendampingan kepada 11 ABK untuk memastikan sisa gaji dan uang jaminan segera diterima. BP2MI juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kedutaan Besar Panama City, Kedutaan Besar Paramaribo, dan pihak lainnya yang sudah mengakomodasi persiapan kepulangan sampai ke Indonesia dan semoga dapat selalu bersinergi dalam melayani PMI dengan baik,” pungkas Soleh Hidayat.

Sesuai dengan protokol kesehatan selama pandemi COVID-19, seluruh PMI ABK tersebut akan menjalani karantina di Wisma Atlet Pademangan, Jakarta, selama delapan hari untuk memastikan kesehatan mereka sebelum kembali ke kampung halamannya masing-masing. * (Humas/CLN)