Tuesday, 23 July 2024

Berita

Berita Utama

BP2MI Peringati Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, Menuju Indonesia Emas Tahun 2045

-

00.06 1 June 2024 531

BP2MI Peringati Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, Menuju Indonesia Emas Tahun 2045

Jakarta, BP2MI (1/6) - Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) menyelenggarakan upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 di  Kantor Pusat BP2MI, Jakarta, Sabtu (1/6/2024).

Dengan tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045, BP2MI turut mengimplementasikan nilai Pancasila yang menyatukan segala perbedaan bangsa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

Sebagai inspektur upacara, Deputi Penempatan dan Pelindungan Kawasan Eropa dan Timur Tengah sekaligus Plh. Sekretaris Utama BP2MI, I Ketut Suardana, membacakan naskah pidato dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

“Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai- nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia,” ungkap I Ketut.

Dilanjutkannya, dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”. 

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi darah Indonesia. Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya,” lanjut I Ketut.

Di akhir pidato, I Ketut membacakan harapan di Hari Kelahiran Pancasila ini.

“Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua untuk kejayaan bangsa dan negara Indonesia,” tutup I Ketut. ** (Humas/MIT/SD)