Monday, 15 April 2024

Berita

Berita Utama

BP3MI Sulawesi Tenggara Fasilitasi Penjemputan Pekerja Migran Deportan dari Arab Saudi Dan Malaysia

-

00.01 15 January 2024 409

BP3MI Sulawesi Tenggara Fasilitasi Penjemputan Pekerja Migran Deportan dari Arab Saudi Dan Malaysia

Kendari, BP2MI (15/1) - Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Sulawesi Tenggara (Sultra) menjemput Pekerja Migran Indonesia terkendala di Arab Saudi dan Malaysia. Kedua Pekerja Migran tersebut bernama Milasri Tewanda Bahasa (30) dan Bako Bin Daim (30) difasilitasi kepulangannya pada Senin (11/12/2023)

Milasri Berangkat kerja ke Arab Saudi sejak bulan Januari tahun 2022 secara nonprosedural melalui jasa calo. Tiba di Arab Saudi, Milasri bekerja sebagai asisten rumah tangga dan beberapa kali berpindah majikan.

Namun dikarenakan gaji yang diterima tidak sesuai dengan yang dijanjikan oleh majikan, Milasri kabur dari rumah majikannya. Karena tidak mempunyai majikan lagi, Milasri mendatangi penampungan KBRI Nawadir Al Alam di Najran untuk dipulangkan ke kampung halamanya.

Pihak KBRI memulangkan ke Indonesia melalui bandara Soekarno-Hatta. Tiba di bandara Halu Oleo Kendari petugas BP3MI Sultra melakukan penjemputan dan diantar langsung dikampung halamanya di Desa Lasada, Kecamatan Asinua, Kabupaten Konawe.

“Saya mengucapkan terima kasih serta apresiasi kepada BP2MI dan BP3MI Sultra yang telah mengantar ke kampung halaman saya dalam keadaan sehat hingga berkumpul kembali dengan keluarga”,ujar Milasri penuh haru.

Sementara itu, Bako Bin Daim berangkat kerja secara non prosedural ke Malaysia tahun 1999 dan sempat berkeluarga orang Filipina. Cukup lama di Malaysia Bako  kembali ke kampung halamannya di Desa Watunggarandu Kecamatan Lalonggasumeeto Kabupaten Konawe tahun 2022, berbekal pengalaman kerja di Malaysia, Bako kembali kerja di ladang sawit Malaysia tahun 2022 tanpa dokumen resmi.

Bekerja di malaysia tanpa dokumen resmi, Bako tertangkap pihak Imigrasi Malaysia dan sempat dipenjara selama empat bulan sebelum dideportasi ke Indonesia melalui pelabuhan Nunukan, Kalimantan Utara.

Petugas BP3MI Sultra Rusli selaku pengantar kerja menjemput Bako di Bandara Halu Oleo Kendari untuk diantar langsung ke kampung halamannya di Desa Watunggarandu Kecamatan lalonggasu Meeto kabupaten Konawe.**(Humas/BP3MISultra/As).